Kegagalan Pokdarwis Dalam Suatu Obyek Wisata(Studi Tentang Proses Pemilihan Kepengurusan Pokdarwis di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya)

NUR RAHMA HARNANINGRUM (2015) Kegagalan Pokdarwis Dalam Suatu Obyek Wisata(Studi Tentang Proses Pemilihan Kepengurusan Pokdarwis di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Halaman Judul)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (186kB)
[img] Text (Abstrak)
2 . ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Isi)
3 . DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
4 . BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text (Bab II Gambaran Umum Deskripsi Penelitian)
5 . BAB II GAMBARAN UMUM DESKRIPSI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III Penyajian Dan Interpretasi Data)
6 . BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV Kesimpulan dan Saran)
7 . BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
8 . DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text (Lampiran)
9 . LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (753kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulis mengkaji tentang bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan pariwisata yaitu Kelompok Sadar Wisata atau yang disingkat Pokdarwis. Hal ini dilatar belakangi ketika penulis melihat fenomena bahwaPokdarwis mangrove Wonorejo sudah tidak aktif lagi sebagai mana mestinya. Sehingga timbulah keinginan untuk meneliti penyebab dari pasifnya Pokdarwis mangrove Wonorejo melalui proses pemilihan. Tujuan dari penelitian ini ialah ingin mengetahui proses pemilihan kepengurusan Pokdarwis di ekowisata mangrove Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Dalam proses pemilihan kepengurusan Pokdarwis, seperti apa kriteria dan latar belakang pengurus yang telah dipilih. Dengan membentuk Pokdarwis diharapkan dapat lebih mengembangkan obyek wisata mangrove Wonorejo yang dikaitkan dengan Sapta Pesona melalui pemberdayaan masyarakat. Tipe penelitian yang dihasilkan adalah deskripsi dengan menggunakan metode kualitatif sengaja dipilih karena dalam penelitian ini tidak menggunakan uji statistik, yang digunakan adalah uji dari hasil pengumpulan data berupa kata-kata. Peneliti menggunakan informan sebagai instrumen menurut kriteria tertentu yang bersangkutan secara langsung dengan masalah yang diteliti antara lain ketua Pokdarwis, penasehat Pokdawis, Kepala Kelurahan Wonorejo, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik observasi secara langsung dan terlibat wawancara dengan informan dengan menggunakan pedoman wawancara serta penggunaan bahan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh adalah proses pemilihan kepengurusan Pokdarwis mangrove Wonorejo tidak sesuai dengan kriteria dan latar belakang dari para pengurus yang mayoritas para tokoh masyarakat dan tidak sesuai denganbidangnya masing-masin. Para pengurus Pokdarwis tidak ada kepentingan dalam obyek wisata, adapun lembaga pengelola ekowisata mangrove Wonorejo yang menjadi pengurus Pokdarwis namun kegiatan Pokdarwis yang memang sifatnya sukarela sedangkan lembaga pengelola ekowisata yang dijadikan karyawan menjadikan pengurus tersebut kurang mempertanggung-jawabkan perannya dalam pengurus Pokdarwis. Pemilihan suatu kepengurusan sangat penting untuk berjalannya program kerja suatu lembaga ataupun organisasi. Dengan mengadakanpemilihan ulang sesuai kriteria Pokdarwis sebagai mana mestinya akan jauh lebih baik. Demikian hasil penelitian di ekowisata mangrove Wonorejo mengenai proses pemilihan kepengurusan Pokdarwis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV. PW. 31/15 Har k
Uncontrolled Keywords: TOURISM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
NUR RAHMA HARNANINGRUMNIM071210213024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin FiatianoNIDN0002117301
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 03 Aug 2015 12:00
Last Modified: 01 Jun 2020 19:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28580
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item