Arum Martikasari, 071146003 (2013) STRATEGI ADVOKASI MEREK KOMUNITAS @nokianesia DI TWITTER. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
FULLTEXT1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Advokasi Merek Komunitas @nokianesia di Twitter”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi apa saja yang digunakan oleh @nokianesia sebagai komunitas merek virtual dalam mengadvokasi merek Nokia terhadap follower-nya di Twitter. @nokianesia adalah sebuah komunitas virtual independent yang didirikan oleh pengguna Nokia, bertujuan sebagi media berbagi informasi dan membantu pengguna lain untuk memaksimalkan penggunaan devices-nya. Dalam perkembangannya @nokianesia tetap konsisten sebagai komunitas pengguna yang tidak berafiliasi dengan Nokia dan Nokia Indonesia. Sejak resmi berdiri tahun 2012 hingga saat ini @nokianesia telah memiliki lebih dari 2500 follower dan terus bertambah setiap harinya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dekriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah akun @nokianesia di Twitter, yang merupakan akun pseudonim dan dibuat oleh para pengguna setia Nokia. Unit analisnya adalah strategi advokasi merek @nokianesia terhadap follower-nya. Dalam analisis data, peneliti menemukan ada sepuluh strategi yang digunakan @nokianesia. Lima strategi, adalah strategi advokasi merek berdasarkan konsep strategi mempertahankan loyalitas merek yang diutarakan Kotler dan Keller (2009), serta Ferrina Dewi (2008). Strategi tersebut adalah berinteraksi dengan pelanggan; mengembangkan program-progam pendukung yang dapat mempertahankan loyalitas follower; mempersonalisasikan pemasaran; menciptakan ikatan institusional; dan menciptakan pengalaman yang positif melalui interaksi dengan follower. Lima strategi lainnya merupakan pengembangan dari strategi dasar yang dikembangkan berdasarkan perspektif karakteristik dari media dan pelanggan pengguna media tersebut. Strategi-strategi tersebut adalah mempertahankan komitmen dan konsistensi para Admin terhadap tujuan diciptakannya akun; memiliki ciri khas yang membedakan @nokianesia dengan akun serupa sebagai positioning; membuat format dalam berinteraksi; memposisikan diri sebagai follower; dan menyediakan informasi ter-update, terpercaya, tanpa mengindahkan aspek kemudahan follower memahami informasi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK.18/13 Mar s | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2017 17:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28750 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |