BABAD GRESIK: SUNTINGAN TEKS DAN TINJAUAN UNSUR SASTRA SEJARAH

Retno Asih Wulandari (2006) BABAD GRESIK: SUNTINGAN TEKS DAN TINJAUAN UNSUR SASTRA SEJARAH. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan (1) suntingan teks Babad Gresik (BG), (2) unsur-unsur sastra sejarah yang terdapat di dalam teks BG, (3) tema dan fungsi dari unsur-unsur sastra sejarah dalam BG, (4) unsur atau data sejarah yang terdapat dalam BG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode filologi yang terdiri atas (1) metode penelitian naskah, (2) metode suntingan teks. Dalam penelitian naskah dilakukan tahapan-tahapan seperti, inventarisasi naskah, deskripsi naskah dan ringkasan teks. Dari kegiatan inventarisasi naskah melalui 6 buah katalog naskah tercatat 4 buah naskah dan teks yang tersimpan di Yogyakarta, Surakarta dan Leiden. Akan tetapi karena alasan (1) penelitian ini berdasarkan filologi modern yang hanya menggunakan 1 buah naskah atau teks sebagai data penelitian, (2) keterbatasan waktu dan biaya serta kemudahan mengakses naskah, maka dipilihlah naskah BG berkode 136 koleksi Museum Radya Pustaka, Surakarta. Naskah ini dalam bahasa dan aksara Jawa (ha na ca ra ka). Kemudian teks ini dideskripsikan dan dibuat ringkasan teks serta dialihaksarakan (transliterasi) ke dalam aksara Latin.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: LP.45/06 Wul b
Uncontrolled Keywords: JAVANESE LITERATURE ; GRESIK - HISTORIOGRAPHY
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Retno Asih WulandariUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 26 Jan 2006 12:00
Last Modified: 31 Jul 2017 15:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28801
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item