HUKUM DAN PERUNDANG-UNDANGAN TENTANG PERDAGANGAN ANAK DAN PEREMPUAN UNTUK PROSTITUSI

Yayan Sakti Suryandaru (2003) HUKUM DAN PERUNDANG-UNDANGAN TENTANG PERDAGANGAN ANAK DAN PEREMPUAN UNTUK PROSTITUSI. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SURYANDARU.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara faktual, hingga kini perdagangan anak dan perempuan (traffiicking) untuk prostitusi masih terus berlangsung, tanpa ada usaha cukup memadai dari pemerintah untuk menanganinya. Indikasi dari hal ini terlihat misalnya subtansi hukum atau materi perundang-undangan, masih banyak peraturan hukum atau perundang-undangan yang diskrimatif atau kurang memenuhi rasa berkeadilan gender. Sebagai contoh, dalam KUHP tidak secara eksplisit diatur masalah trafficking. Implementasi dari ketentuan KUHP ini belum efektif mampu mempidanakan para trafficker. Fenomena ini mengasumsikan bahwa implementasi produk hukum dan perundang-undangan, sangat ditentukan oleh aparat penegak hukum dan institusinya. Mayoritas penegak hukum di Indonesia masih terbelenggu sistem nilai yang belum peka gender, sehingga akan berpengaruh pada saat aparat penegak hukum tersebut menafsirkan suatu produk hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses-proses pengadilan atau hukuman yang pernah dijatuhkan bagi pelaku perdagangan anak dan perempuan untuk prostitusi dan mengidentifikasi upaya aparat penegak hukum dalam melindungi korban perdagangan anak dan perempuan untuk prostitusi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 345.025 34 Sur FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: PROSTITUTION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ101-440.7 Prostitution
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Yayan Sakti SuryandaruUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 28 Oct 2003 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item