TELAAH SUBSTANSI KONTRAK JUAL BELI DALAM TRANSAKSI INTERNET COMMERCE SEBAGAI SARANA PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA PEMBELI

Intan Innayatun Soeparma, S.H.,M.H (2006) TELAAH SUBSTANSI KONTRAK JUAL BELI DALAM TRANSAKSI INTERNET COMMERCE SEBAGAI SARANA PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA PEMBELI. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-authorsoep-6685-lp67_08-k.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-authorsoep-6685-lp67_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan gambaran riil atas perlindungan konsumen dalam Kontrak Jual Beli di Internet berangkat dari anggapan bahwa bertransaksi di Internet itu tidak aman dan pihak konsumen berada dalam posisi yang rentan. Disamping itu penelitian ini dimaksudkan pula untuk mengidentifikasi permasalahan dan titik-titik lemah apa Baja yang terdapat dalam Kontrak Jual Beli yang berkaitan dengan kepentingan pemenuhan kebutuhan konsumen dan memberikan rekomendasi perbaikan substansi sebagai upaya memberikan perlindungan yang lebih memadai dan proporsional kepada konsumen sesuai norma hukum yang berlaku. Dalam penelitian ini pendekatan masalah yang dipergunakan adalah pendekatan sosiologis yuridis. Pendekatan sosiologis dipergunakan untuk: (1) Melihat kecenderungan sikap dan perilaku masyarakatt-dalam hal ini adalah vendor¬berkenaan dengan obyek penelitian; (2) Melihat bagaimana peraturan perundang¬undangan dimaksimalkan fungsinya sebagai umbrella act dan governing law pada transaksi I-Commerce; (3) Mengukur dan menetapkan apakah rekomendasi perbaikan substansi Kontrak Jual Beli di Internet valid and enforceable. Sedangkan yang dimaksud dengan pendekatan yuridis adalah melakukan analisa dan kajian normatif terhadap peraturan perundang-undangan yang relevan dengan topik penelitian guna menelusuri peraturan perundang-undangan apa sajakah yang mempunyai daya jangkau dan relevan terhadap permasalahan yang tengah diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 LP 67/08 Soe t
Uncontrolled Keywords: CONTRACTS; ELECTRONIC COMMERCE
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Intan Innayatun Soeparma, S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 25 Apr 2008 12:00
Last Modified: 20 Jul 2017 16:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item