NUR AMANAH, 041214153014 (2016) PERAN MEDIASI PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGARUH HRM PRACTICES TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF (STUDI PADA KARYAWAN MEDICAL REPRESENTATIVE PERUSAHAAN FARMASI “X” WILAYAH PEMASARAN SURABAYA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (634kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
TESIS_HEADERFOOTER_Part9.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
TESIS_HEADERFOOTER_Part10.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
TESIS_HEADERFOOTER_Part11.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
TESIS_HEADERFOOTER_Part12.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
TESIS_HEADERFOOTER_Part13.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
TESIS_HEADERFOOTER_Part14.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
TESIS_HEADERFOOTER_Part15.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
TESIS_HEADERFOOTER_Part16.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) | Request a copy |
Abstract
Perusahaan perlumemperhatikankomitmenkerjakaryawanagar kegiatanoperasionalberjalandenganbaikdanlancar.Komitmenafektifadalah yang paling diinginkanolehperusahaankarenaberkaitandenganemosional, identifikasidanketerlibatankaryawan di dalamsuatuorganisasi.Studiinimenguji model meliputipraktek MSDM, dukunganorganisasi yang dirasakan (POS), dankomitmenafektif, denganhipotesisbahwapraktek MSDM yang meliputipenilaiankinerja, tunjangan, pelatihan, danpengembangankarirakanterhubungsecarapositifterhadapkomitmenafektif, danbahwa POS bertindaksebagai mediator dalamhubunganantarapraktek MSDM dankomitmenafektif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan sampel responden sebanyak 76 orang karyawan di posisi staff medical sales representative yang bekerja di PT”X” wilayah pemasaran Surabayadenganmenggunakanalatanalisisyaituregresibertahap yang diadopsidari Baron dan Kenny (1986). Hasilperhitunganstatistik menunjukkan, dari 76 orang responden medical sales representative, bahwapengembangankarir, tunjangan, pelatihan, danpenilaiankinerjamemilikihubunganlangsung, positif, dansignifikanterhadapkomitmenafektif, begitupula dengan POS yang ditemukan berhubungan secara positif dan signifikan terhadap komitmen afektif karyawan. POS ditemukanmemediasisecaraparsialhubunganantarapraktek MSDM dengankomitmenafektifkaryawan. Jika dilihat dari data deskripsi pernyataan responden pada tiap variabel, diketahui bahwa karyawan medical sales representativedi PT”X” memiliki nilai rataan untuk variabel praktek MSDM (3,82) dan POS (3,55), yang berarti baik, dan nilai deskriptif untuk komitmen afektif (3,33) yang berarti cukup. Hal ini berarti bahwa staf medical sales representativememiliki persepsi yang baik terhadap praktek MSDM dan dukungan organisasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel yang digunakan pada penelitian ini bukan merupakan faktor satusatunya yang menyebabkan kurangcukupnyakomitmenafektif pegawai.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSM 05/16 Ama p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | HR practices, perceived organizational support, affective commitment, medical representative. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2016 02:38 | ||||||
Last Modified: | 15 Apr 2016 02:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29383 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |