EVALUASI PEMASANGAN APAR DAN SARANA PENYELAMAT DIRI DALAM SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN (Studi di Gedung Bedah RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

RIZKI FITRIANA HAMBYAH, 101311123002 (2016) EVALUASI PEMASANGAN APAR DAN SARANA PENYELAMAT DIRI DALAM SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN (Studi di Gedung Bedah RSUD Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
2. BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
7. BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7)
8. BAB VII .pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasangan alat pemadam api ringan (APAR) dan sarana penyelamat diri merupakan bagian dari sistem tanggap darurat kebakaran. Rumah sakit perlu dilengkapi dengan pemasangan APAR di setiap lantai dan ruangan yang mengandung risiko kebakaran. Selain APAR, sarana penyelamat diri merupakan hal yang tidak kalah penting pada bangunan rumah sakit karena kondisi pasien yang sedang dirawat, memerlukan sarana untuk evakuasi pasien dengan cepat menuju tempat yang aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pemasangan APAR dan sarana penyelamat diri dalam sistem tanggap darurat kebakaran di gedung bedah RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, pengukuran dan wawancara dengan bagian K3RS. Variabel yang diteliti, yaitu; APAR, jalan keluar, pencahayaan darurat, petunjuk arah jalan keluar, pintu darurat, tangga darurat, komunikasi darurat dan tempat berhimpun. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan pendekatan komparatif untuk mengetahui kesesuaian pemasangan APAR dan sarana penyelamat diri yang dibandingkan dengan Permenakertrans No. PER.04/MEN/1980, Pedoman Teknis Prasarana Rumah Sakit Sarana Keselamatan Jiwa Kementerian Kesehatan tahun 2012 dan SNI 03−1746−2000. Pendekatan yang dilakukan adalah secara semi−kuantitatif untuk melihat seberapa besar proposi kesesuaian pemasangan APAR dan sarana penyelamat jiwa di gedung bedah RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat APAR jenis halon di gedung bedah Bogenvil, Cempaka, Dahlia, Flamboyan dan Herbra. Sarana jalan keluar yang digunakan untuk menyelamatkan diri adalah sarana untuk kepentingan umum yaitu pintu umum, pintu darurat dan tangga darurat. Secara umum pemasangan APAR dan sarana penyelamat diri di gedung bedah RSUD Dr. Soetomo secara umum belum memenuhi persyaratan. Disarankan RSUD Dr. Soetomo untuk melakukan penggantian APAR yang berjenis halon dengan APAR yang aman dan ramah lingkungan seperti APAR yang berjenis gas cair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 96-16 Ham e
Uncontrolled Keywords: APAR, sarana penyelamat diri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.5-645.9 Emergency medical services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI FITRIANA HAMBYAH, 101311123002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDTjipto Suwandi, Prof. Dr., dr., M. OH, Sp.OKUNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 23 Apr 2016 05:53
Last Modified: 23 Apr 2016 05:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item