Dampak Sosial Ekonomi Perubahan Tata Kelola Sumur Tua Dan Strategi Adaptasi Penambang Tradisional Di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro

Indah Durojatun (2015) Dampak Sosial Ekonomi Perubahan Tata Kelola Sumur Tua Dan Strategi Adaptasi Penambang Tradisional Di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (938kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (911kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II PERTAMBANGAN MINYAK TRADISIONALDAN KONDISI WILAYAH DESA WONOCOLO.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PROFIL INFORMAN DAN KARAKTERISTIK RESPONDEN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (958kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (936kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti terkait adanya perubahan tata kelola sumur tua di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Peneliti merasa bahwa fenomena perubahan tata kelola sumur tua yang terjadi berkali-kali pada lokasi sumur tua di wilayah tersebut secara langsung maupun tidak langsung telah membawa dampak baik bagi kegiatan pertambangan maupun dalam pemenuhan hidup para penambang. Penelitian ini akan menjawab permasalahan tentang apa saja dampak sosial dan ekonomi akibat adanya perubahan tata kelola sumur tua di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Lebih dari itu, melalui penelitian ini, peneliti juga ingin menjawab permasalahan tentang bagaimana strategi adaptasi penambang tradisional akibat adanya perubahan sumur tua di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parson, Petani dalam Perspektif Moral Ekonomi Petani, dan Petani dalam Perspektif Teori Rasional.Penelitian ini menggunakan paradigma pragmatisme, dengan menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods) dimana peneliti mengombinasikan atau mengasosiasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif.Dalam paradigma pragmatis, para peneliti metode campuran dapat menerapkan berbagai pendekatan dalam mengumpulkan dan menganalisis data ketimbang hanya menggunakan satu pendekatan saja.Penelitian ini dilakukan di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro dengan menjadikan pihak- pihak terkait sebagai informan dan menjadikan penambang anggota aktif paguyuban sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa perubahan tata kelola berdampak pada aspek sosial maupun aspek ekonomi. Dampak sosial akibat adanya perubahan tata kelola pada aspek sosial antara lain adalah aksesibilitas penambang terhadap sumur-sumur tua menjadi terbatas, munculnya rasa ketidaknyamanan akibat adanya pengawasan dari TNI, sedangkan dampak ekonomi dari adanya perubahan tata kelola adalah adanya perbedaan keuntungan yang diperoleh yaitu menjadi lebih sedikit. Adapun strategi adaptasi yang dilakukan oleh para penambang dalam menghadapi perubahan tata kelola yaitu memiliki pekerjaan sampingan, memasak minyak menjadi solar dan menjualnya selain pada Pertamina, memperdalam sumur secara sembunyi-sembunyi dan pembentukan organisasi penambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.03/16 Dur d
Uncontrolled Keywords: penambang, tata kelola, dampak, adaptasi, kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Indah DurojatunNIM071211432001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Sumbodo SinggihNIDN0028055906
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:57
Last Modified: 23 May 2020 15:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item