Dampak Sosial Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Hutan (Studi Di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek)

Ismi Tari Ramadhani (2015) Dampak Sosial Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Hutan (Studi Di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (495kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (951kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISIS DAN INTEPRETASI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (889kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 May 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lahan merupakan modal penting bagi para petani pesanggem. Padahal di sisi lain Pemerintah merencanakan pembangunan Jalur Lintas Selatan yang membutuhkan sebagian lahan yang aktif dikelola oleh pesanggem untuk perwujudan pembangunan Jalur Lintas Selatan. Ketika JLS dibangun, maka mengharuskan lahan yang dikelola pesanggem menjadi bagian dari JLS. Secara langsung peralihan fungsi lahan tersebut mengakibatkan perubahan terhadap kesejahteraan petani pesanggem. Oleh karena itu peneliti tertarik mencari dampak social pembangunan JLS terhadap kesejahteraan masyarakat desa hutan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis fungsi lahan dalam pesektif sosiologi pedesaan. Selain itu, juga menggunakan Teori Involusi dan juga Teori Mekanisme Survival. Metode penelitian yang diguakan adalah campuran (mixed) dengan menggunakan strategi eksplanatoris sekuensial. Dimana prioritas utama pada metode kuantitaif dan dilengkapi dengan metode kualitaif. Peneltian ini dilakukan melalui pencarian data kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dan selanjutnya dilakukan wawancara mendalam dengan pedoman wawancara. Pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive dan lokasi penelitian berada di desa Karanggandu kecamatan Watulimo kabupaten Trenggalek. Berdasarkan data yang ditemukan, bahwa dampak dari pembangunan JLS adalah perubahan harga tanah, perubahan hubungan social diantara para pesanggem, perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, perubahan pekerjaan dan juga alih fungsi lahan produktif menjadi non produktif. Alih fungsi lahan tersebut mengakibatkan terjadinya involusi dan berbagi kemiskinan masyarakat desa hutan di desa Karanggandu dikarenakan lahan yang semakin sedikit dan jumlah penggarap yang terus bertambah. Dengan demikian masyarakat desa hutan melakukan strategi survival berupa menyeimbangkan pengeluaran dan penghasilan, mencari alternative pekerjaan lain, memanfaatkan fungsi tabungan, dan menambah variasi tanaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.04/16 Ram d
Uncontrolled Keywords: dampak social, pembangunan, Jalur Lintas Selatan, alih fungsi, lahan, kesejahteraan, pesanggem, Karanggandu
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Ismi Tari RamadhaniNIM071211431015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy S. SinggihNIDN0028055906
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:11
Last Modified: 23 May 2020 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/29911
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item