STUDI KEKUATAN ELITE POLITIK DALAM PROSES PEMBENTUKAN INSTANSI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU PROVINSI JAWA TIMUR

ADITYA WAHYU DWI KURNIAWAN, 071211332014 (2016) STUDI KEKUATAN ELITE POLITIK DALAM PROSES PEMBENTUKAN INSTANSI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELAYANAN PERIZINAN TERPADU PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
14. BAB II GAMBARAN UMUM PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
15. BAB III Persaingan Elite Dalam Pelayanan Publik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
16. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terbentuknya Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu Jawa Timur merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Gubernur Soekarwo pasca satu tahun beliau memulai kepemimpinannya dalam rangka menerapkan prinsip Good Governance pada birokrasi yang ada di Jawa Timur serta membuka pintu gerbang investasi di Jawa Timur yang pada periode sebelumnya sempat menurun drastis akibat pelayanan birokrasi yang buruk. Walaupun mampu membentuk Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu Jawa Timur dengan keberhasilannya, dalam prosesnya masih menuai banyak pertanyaan bagi peneliti, bagaimana dinamika proses pembentukan UPT P2T. Serta apakah pembentukan UPT ini adalah salah satu realisasi dari reformasi pelayanan publik dan reformasi birokrasi Pasca diberdirikannya instansi P2T Jawa Timur sudah dapat dikatakan mampu untuk mengantongi sejumlah prestasi dibidang birokrasi atas pembentukan Unit Pelaksana Teknis baru tersebut namun disisi lain tentu tidak dapat dipungkiri bahwa ada pihak-pihak yang mencoba mengoreksi kembali kinerja dari Gubernur Soekarwo pasca mendirikan UPT Pelayanan Perizinan Terpadu, disinilah dimana peran Soekarwo selaku elite politik di Jawa Timur sedang diuji, apakah pasca terbentuknya instansi P2T dan mengantongi sejumlah prestasi mampu memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh tim SKPD sebelum terbentuknya P2T sehingga birokrasi di Jawa Timur berjalan selaras. Dengan metode penelitian Kualitatif yang dilakukan di instansi Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu dengan subyek utama adalah Kepala UPT P2T, sejumlah SKPD yang dilimpahkan wewenangnya dan juga masyarakat selaku pemohon perizinan. Proses analisis dilakukan setelah dilakukan studi pustaka terkait dengan proses pembentukan UPT P2T,wawancara mendalam dengan berbagai informan yang telah ditentukan (Kepala UPT, SKPD, Pengusaha), dan observasi di lapangan (maksud dari observasi di lapangan disini adalah melihat interaksi dari narasumber ketika diwawancara). Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan informan yang sudah direncanakan oleh peneliti. Dengan menggunakan frame teori Good Governance yang menjelaskan tentang faktor-faktor pemerintahan yang baik yang mencoba diterapkan di UPT P2T yang berusaha dikaji sesuai dengan fenomena yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.14/16 Kur s
Uncontrolled Keywords: Reformasi Birokrasi, Reformasi Pelayanan Publik, Good Governance
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ADITYA WAHYU DWI KURNIAWAN, 071211332014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDBudi Prasetyo, Prof. Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:53
Last Modified: 27 Apr 2016 05:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item