IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PROSES PEMBEKUAN HEADLESS FROZEN BLOCK UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DALAM PENERAPAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) DI PT. SURYA ALAM TUNGGAL, SIDOARJO-JAWA TIMUR

SABRINA DHIMAS PUTRI NABILA (2015) IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PROSES PEMBEKUAN HEADLESS FROZEN BLOCK UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DALAM PENERAPAN HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) DI PT. SURYA ALAM TUNGGAL, SIDOARJO-JAWA TIMUR. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB 2)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2023.

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2023.

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2023.

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2023.

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2023.

Download (813kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang merupakan komoditas perairan ekspor yang bernilai ekonomis tinggi. Produksi udang yang melimpah dan kegemaran masyarakat terhadap udang yang tinggi membuat negara Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor udang. Beberapa negara yang mendapat respon besar untuk ekspor udang vaname (Litopenaeus vannamei) terutama Amerika Serikat dan Jepang karena kualitasnya yang bagus. Penanganan dan pengolahan yang tepat dengan cara pembekuan yang bertujuan untuk menjaga kesegaran mutu dan menghindari kemunduran mutu yang terjadi selama proses produksi. Kemajuan teknologi dalam proses pembekuan udang saat ini menjadi lebih mudah serta target produksi perusahaan bisa tercapai. Teknologi modern pembekuan udang tentunya terdapat potensi bahaya yang tidak akan menghilang dengan mudah sehingga sistem pengawasan mutu berdasarkan konsep Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) yaitu suatu sistem manajemen untuk melindungi makanan dari bahaya biologi, kimia, dan fisika dengan tujuan meningkatkan jaminan keamanan makanan, mutu serta menghindari kemungkinan timbulnya kerugian secara ekonomis.Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui, mempelajari dan memperoleh pengetahuan mengenai identifikasi bahaya proses produksi udang beku dalam penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Surya Alam Tunggal Sidoarjo, Jawa Timur pada tanggal 19 Januari - 14 Februari 2015. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif, dan studi pustaka. PT. Surya Alam Tunggal merupakan perusahaan swasta nasional dan berbentuk badan hukum perseroan terbatas yang bergerak aktif dibidang ekspor udang dan paha katak (froglegs) beku dengan negara tujuan Jepang, Hongkong, Korea, Australia, Portugal, Perancis dan Amerika. Salah satu jenis produk udang beku yang dihasilkan adalah Headless Frozen Block udang vaname yaitu produk udang vaname tanpa kepala yang dibekukan dalam mesin contact plate freezer. Proses produksi yang dilakukan antara lain proses penerimaan bahan baku, pencucian pertama, pemotongan kepala, pencucian kedua, sortasi, pencucian ketiga, penimbangan, penyusunan, pembekuan, glazing, metal detecting, pengemasan, serta penyimpanan dalam cold storage room hingga produk siap diekspor untuk dapat sampai ke tangan konsumen. Identifikasi potensi bahaya produksi headless frozen block udang vaname dilakukan pada setiap tahapan proses baik itu bahaya biologi, kimia, maupun fisika yang mana dapat menyebabkan terjadinya penurunan nilai estetika produk dan terganggunya kesehatan konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.74-16 Nab i
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Bahaya, Proses Pembekuan Headless Frozen Block Udang Vaname (Litopenaeus vannamei), Penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
SABRINA DHIMAS PUTRI NABILANIM141211133091
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAgustonoNIDN0030065706
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 May 2016 03:13
Last Modified: 13 Apr 2020 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item