CHOIRUL RAHMAN DWI SANTOSO, 121111019 (2016) IKLAN POLITIK CAPRES DAN CAWAPRES TAHUN 2014 : ANALISIS PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
7.BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
8.BAB IIGAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
9.BAB III PEMBAHASAN.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
10.BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
12.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna-makna tersirat dibalik ujaran-ujaran mengenai iklan capres dan cawapres pada tahun 2014 serta mengklasifikasikan bentuk-bentuk pelanggaran dari prinsip kerja sama dalam iklan-iklan tersebut. iklan yang diteliti tesebut merupakan iklan bertema capres dan cawapres pada Pemilu 2014. Analisis yang digunakan pada penelitian ini berlandaskan pada kajian pragmatik sebagai alat analisisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simak (observasi) yang dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap dan catat. Adapun hasil yang diperoleh pada iklan capres dan cawapres tahun 2014 tersebut dijelaskan melalui implikatur konvensional dan implikarur konversasional kemudian diklasifikasikan bentuk pelanggaran dari prinsip kerja sama. Implikatur dalam iklan capres dan cawapres pada Pemilu 2014 dapat dideskripsikan melalui implikatur konvensional yang muncul dari ujaran-ujaran yang disampaikan. Sementara, implikatur konversasional digunakan untuk memperluas makna-makna tersirat pada ujaran-ujaran berdasarkan konteks tertentu dalam iklan. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini juga menunjukkan bahwa dalam iklan politik capres dan cawapres pada Pemilu 2014 ditemukan pelanggaran prinsip kerja sama pada tuturan dialognya yang meliputi maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan, dan maksim pelaksanaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS.BI.02/16 San i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | prinsip kerja sama, implikatur, iklan, pragmatik | ||||||
Subjects: | J Political Science J Political Science > JS Local government Municipal government |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs hoeroestijati beta | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2016 01:45 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2016 01:45 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30264 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |