SETIAWAN, YOSEPHINE, NIM : 120913030 (2016) PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR GRUP IDOLA JKT48 DALAM FANBASE WANI (Studi Kasus terhadap Enam Anggota Fanbase WANI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (511kB) | Preview |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1. BAB I PENDAHULUAN .pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II KONSEP IDOL DALAM GRUP IDOLA JKT 48...)
2. BAB II KONSEP IDOL DALAM GRUP IDOLA JKT48, GRUP FANBASE WANI DAN FENOMENA IDOL DI JEPANG DAN INDONESIA.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR GRUP IDOLA JKT 48...)
3. BAB III PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR GRUP IDOLA JKT48 DALAM FANBASE WANI .pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
4. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN .pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
6. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
Abstract
JKT48 merupakan grup idola yang merupakan sister group dari AKB48, grup idola asal Jepang yang dibentuk oleh Yasushi Akimoto pada tahun 2005. JKT48 berbasis di Jakarta, Indonesia dan dibentuk pada 3 November 2011. Penggemar dari JKT48 kini sangat banyak, khususnya pada dalam negeri. Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki komunitas penggemar yang loyal, contohnya fanbase WANI. Penulis melakukan penelitian pada fanbase WANI meliputi perilaku konsumtif yang mereka lakukan dalam mengidolakan grup idola JKT48 beserta alasan mereka melakukan perilaku konsumtif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif yang dilakukan penggemar grup idola JKT48 dan alasan mereka melakukan perilaku konsumtif yang dilakukan oleh anggota fanbase WANI. Konsumsi komunitas penggemar dimulai dari musik, konser, teater, handshake event dan direct selling hingga produk merchandise JKT48 yang dipasarkan. Konsumsi tersebut mereka lakukan secara rutin dan berulang. Fanbase WANI juga memiliki wadah informasi melalui Twitter dan Facebook dan pertemuan rutin setiap minggu di kalangan para anggotanya dan memiliki hubungan yang baik dengan pihak diluar fanbase WANI Penelitian ini menggunakan teori compulsive buying dan konsep tentang pemujaan terhadap selebriti dalam pembahasan dan analisis data.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS J 05/16 Set p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Idol, grup idola, fanbase, compulsive buying, pemujaan terhadap selebriti | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT601-1445 Classes > HT675-690 Classes arising from occupation |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Sulistiorini | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2016 03:10 | ||||||
Last Modified: | 01 Jun 2017 20:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30292 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |