ANALISIS INTERAKSIONISME SIMBOLIK PADA PRAKTIK BRANDING RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA (RSUA)

KISNA ANGGRAINI, 071114043 (2015) ANALISIS INTERAKSIONISME SIMBOLIK PADA PRAKTIK BRANDING RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA (RSUA). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
Kisna_HalDepan.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kisna_Bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kisna_Bab2.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kisna_Bab3.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
Kisna_Bab4.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Kisna_Bab5.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
Kisna_DaftPustaka.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) adalah rumah sakit yang berada di bawah naungan sebuah universitas terkemuka di Indonesia. RSUA sebagai bagian dari Universitas Airlangga memiliki tantangan tersendiri untuk membangun makna sebagai rumah sakit pendidikan yang juga memiliki profesionalitas untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Dalam hal ini, branding menjadi proses yang penting dalam kepentingan membangun makna tersebut. Teori yang digunakan untuk menganalisa permasalahan penelitian ini adalah teori Interaksionisme Simbolik dari George H. Mead. Konsep „Me‟ dalam teori interaksionisme simbolik digunakan untuk menganalisis simbol yang dibangun RSUA dalam membangun makna. Informan dalam penelitian ini adalah dua pimpinan RSUA dan empat tenaga kerja RSUA meliputi dokter, perawat, administrasi dan enam pasien. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan partisipasi langsung di lapangan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) RSUA ingin membangun makna menjadi rumah sakit yang intelek dan berkelas menengah ke atas (2) Terdapat fragmentasi makna dalam interaksi simbolik yang dilakukan sebagai praktik branding RSUA yang disebabkan adanya perbedaan makna tentang “pendidikan” dan “Universitas Airlangga” pada masyarakat tergantung pada kepemilikan pengalaman aktivitas pendidikan di RSUA

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.29/16
Uncontrolled Keywords: branding RSUA, interaksionisme simbolik, fragmentasi makna.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
KISNA ANGGRAINI, 071114043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 26 May 2016 00:42
Last Modified: 26 May 2016 00:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30658
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item