Problematika Kompetensi Absolut Antara Pengadilan Dengan Arbitrase Dalam Penyelesaian Sengketa Bisnis (Studi Kasus: Pt Berkah Karya Bersama Dengan PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia)

Siti Chadijah (2015) Problematika Kompetensi Absolut Antara Pengadilan Dengan Arbitrase Dalam Penyelesaian Sengketa Bisnis (Studi Kasus: Pt Berkah Karya Bersama Dengan PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (989kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II PERJANJIAN ARBITRASE ....pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG ....pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2023.

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini ditulis untuk menganilisa sengketa kepemilikan saham PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (PT TPI), perkara timbul dari pelaksanaan perjanjian investasi yang telah disepakati para pihak yaitu pemegang saham PT TPI dan PT Berkah Karya Bersama (PT BKB)dalam hal restrukturisasi hutang PT TPI dan pemegang saham TPI akan memberikan 75% Saham TPI kepada PT BKB setelah PT BKB melaksanakan kewajibannya. Namun pada pelaksanaannya, PT BKB digugat oleh pemegang saham PT TPI ke pengadilan atas dasar perbuatan melawan hukum. Sebaliknya PT BKB menggugat pemegang saham PT TPI ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) sesuai klausula arbitrase dalam perjanjian investasi tersebut dengan dasar wanprestasi. Pada tanggal 29 april 2015 hakim Pengadilan Negeri Jakarta. Pusat membatalkan putusan BANI dengan pertimbangan karena putusan BANI bertentangan dengan ketertiban umum dan pengadilan. Terkait permohonan pembatalan putusan arbitrase, Pasal 70 UU No. 30 Th 1999 mengatur secara limitatif diantaranya : ada dokumen palsu, dokumen yang disembunyikan, dan tipu muslihat. Sehingga jika ingin mengajukan pembatalan harus sesuai dengan pasal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kewenangan pengadilan dalam mengadili sengketa PT TPI terkait tindakan salah satu pihak mengajukan gugatan melanggar hukum dimana para pihak telah membuat perjanjian yang memuat klausula arbitrase dan untuk mengetahui implikasi dari adanya pertentangan putusan Mahkamah Agung dengan putusan BANI terkait perkara ini terhadap proses eksekusi putusan, serta untuk mengetahui alasan pembatalan Putusan BANI oleh Pengadilan Negeri apakah sesuai dengan UU No. 30 Th 1999. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yuridis normatif yang menitikberatkan pada studi kepustakaan terhadap data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang terkait dengan permasalahan yang diteliti.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH.24/16 Cha p
Uncontrolled Keywords: Sengketa kepemilikan saham, Klausula arbitrase, Putusan BANI, Pembatalan putusan arbitrase.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Siti ChadijahNIM031324153033
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus SekarmadjiNIDN0010086803
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 30 May 2016 01:09
Last Modified: 16 Mar 2020 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30722
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item