INDIKATOR PREDIKTIF SAFETY PERFORMANCE PADA KARYAWAN AIR TRAFFIC CONTROLLER (ATC) DI INDONESIA

LALU MUHAMMAD SALEH, 101217087311 (2016) INDIKATOR PREDIKTIF SAFETY PERFORMANCE PADA KARYAWAN AIR TRAFFIC CONTROLLER (ATC) DI INDONESIA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
30735_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepadatan lalu lintas penerbangan udara semakin menunjukkan peningkatan. Kelelahan pada karyawan Air Traffic Controller terjadi karena jumlah kepadatan traffic yang meningkat setiap tahunnya. Kecelakaan pesawat sering terjadi, baik itu di dunia maupun di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh job ability, motivasi, beban kerja, lingkungan kerja, identitas individu, burnout, keluhan muskuloskeletal terhadap safety performance dan menganalisis indikator prediktif safety performance pada karyawan Air Traffic Controller (ATC) di Indonesia. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan cross sectional study, dengan jumlah sampel sebanyak 123 orang karyawan ATC dari tiga cabang Air Nav Indonesia yaitu Makassar, Surabaya, dan Lombok, teknik analisis statistik dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), variabel penelitian adalah safety performance, burnout, keluhan muskuloskeletal sebagai variabel endogen, sedangkan ability, motivasi, beban kerja, lingkungan kerja, dan identias individu sebagai variabel eksogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh secara langsung terhadap safety performance adalah beban kerja dan lingkungan kerja sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap safety performance adalah ability, motivasi, identitas individu, burnout, dan keluhan muskuloskeletal. Motivasi berpengaruh terhadap burnout, dan identitas individu berpengaruh terhadap keluhan muskuloskeletal. Indikator prediktif safety performance adalah beban kerja dan lingkungan kerja. Safety performance akan semakin optimal apabila pembagian traffic merata di setiap sektor. Penambahan jumlah karyawan, peralatan dan fasilitas yang ergonomis dan penggunaan alat pelindung diri pada saat bekerja harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS.IK.07/16 Sal i
Uncontrolled Keywords: Safety performance, ability, motivasi, beban kerja, lingkungan kerja, identitas individu, burnout, keluhan muskuloskeletal
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN275-325 Practical mining operations. Safety measures
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
LALU MUHAMMAD SALEH, 101217087311UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjipto Suwandi, Prof. Dr., dr.,MOH., Sp.Ok.UNSPECIFIED
Thesis advisorHamidah, Dr., MSI.,P.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 May 2016 04:18
Last Modified: 21 Jun 2017 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item