KEDUDUKAN KETERANGAN SAKSI KORBAN YANG MASIH DIBAWAH UMUR

SLAMET HARIYANTO, 031414153021 (2016) KEDUDUKAN KETERANGAN SAKSI KORBAN YANG MASIH DIBAWAH UMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. Daftar Bacaan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
7. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tipe penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah yuridis normatif (legal research), dengan menggunakan pendekatan masalah pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), dan pendekatan kasus (case approach). Permasalahan dalam tesis ini yaitu: bagaimana keterangan saksi korban yang masih dibawah umur dalam memberikan kesaksian sebagai alat bukti dan bagaimana ratio decidendi putusan pengadilan terkait kedudukan keterangan saksi korban yang masih dibawah umur. Anak yang perposisi sebagai saksi dalam perkara pidana akan mendapatkan jaminan perlindungan hukum yakni berupa jaminan keselamatan baik fisik, mental, maupun sosial dan memiliki akses terhadap informasi mengenai perkembangan perkara. Anak sebagai saksi harus mendapatkan haknya berdasarkan kepentingan terbaik anak dan penghargaan terhadap anak, Seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Keterangan saksi anak di bawah umur tidak mempunyai nilai sebagai alat bukti, oleh sebab itu tidak mempunyai kekuatan pembuktian akan tetapi dapat dipakai sebagai petunjuk atau tambahan alat bukti sah lainnya ataupun menambah keyakinan hakim. Ditegaskan dalam KUHAP Pasal 185 ayat (7) bahwa, Keterangan dari saksi yang tidak disumpah meskipun sesuai satu dengan yang lain, tidak merupakan alat bukti namun apabila keterangan itu sesuai dengan keterangan dari saksi yang disumpah dapat dipergunakan sebagai tambahan alat bukti yang sah.Agar keterangan saksi tanpa disumpah dapat dipakai untuk menguatkan keyakinan hakim maka harus memenuhi syarat-syarat Harus ada lebih dahulu alat bukti yang sah, Sekurang-kurangnya terdapat dua alat bukti yang sah, Adanya persesuaian antara keterangan tanpa disumpah dengan alat bukti yang sah. Didalam perkara Nomor. 411/Pid.Sus/2015/PN.Kpn., yang menjadi saksi korban adalah seorang anak yang berusia 15 tahun. Menurut Pasal 171 huruf a KUHAP, patokan standar anak yang kompeten adalah 15 tahun keatas. Saksi korban yang masih anak-anak memeberikan keterangan dibawah sumpah, sehingga keterangannya dapat dijadikan alat bukti yang sah. Saksi korban dalam perkara yang diputus oleh pengadilan negeri kabupaten kediri Nomor.20/Pid.Sus/Anak/2015/PN.Gpr adalah saksi Lailatul Musfiroh yang lahir pada tanggal 8 Pebruari 2003 dan masih berusia 12 tahun. Pada saat memberikan keterangan dimuka sidang, saksi Lailatul Musfiroh disumpah terlebih dahulu, padahal saksi korban masih tergolong anak-anak disini kita dapat melihat bahwa majelis hakim telah melanggar ketentuan KUHAP. Padahal boleh saja saksi korban yang masih dibawah umur memberikan keterangan dipersidangan tanpa disumpah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THD.14/16 Har k
Uncontrolled Keywords: Saksi Dibawah umur, Perlindungan Hukum Saksi Dibawah Umur, dan Putusan Hakim.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
SLAMET HARIYANTO, 031414153021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSARWIRINI, Dr.,S.H., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 31 May 2016 12:53
Last Modified: 31 May 2016 12:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/30761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item