MEKANISME HAMBATAN PERTUMBUHAN KANKER PAYUDARA TIKUS PUTIH PADA PEMBERIAN EKSTRAK PROPOLIS MELALUI ANALISIS EKSPRESI PROTEIN CYCLIN D1,HSP70, VEGF DAN COX-2 Penelitian Eksperimental Laboratoris

WILLY SANDHIKA, 091070120 (2013) MEKANISME HAMBATAN PERTUMBUHAN KANKER PAYUDARA TIKUS PUTIH PADA PEMBERIAN EKSTRAK PROPOLIS MELALUI ANALISIS EKSPRESI PROTEIN CYCLIN D1,HSP70, VEGF DAN COX-2 Penelitian Eksperimental Laboratoris. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2015-sandhikawi-35262-6.abstr-k.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Propolis atau lem lebah merupakan bahan alam yang memiliki efek anti kanker. Pemberian ekstrak propolis pada model kanker payudara tikus putih menghasilkan hambatan pertumbuhan kanker akan tetapi mekanisme hambatan tersebut masih belum jelas. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap mekanisme hambatan tersebut melalui analisis ekspresi protein cyclin D1, hsp70, cox-2 dan VEGF dalam hubungannya dengan volume kanker payudara pada tikus yang diberi ekstrak propolis.Pada dua puluh empat tikus betina galur Sprague-Dawley dilakukan induksi kanker payudara dengan dimethylbenzanthracene. Tikus dibagi dalam tiga kelompok masing – masing 8 ekor tiap kelompok. Kelompok I merupakan kelompok pretest yang dikorbankan pada saat awal penelitian. Kelompok II diberi ekstrak propolis 200 mg per kilogram berat badan tiap hari selama 28 hari. Kelompok ketiga adalah kelompok kontrol yang diberi placebo sebagai pengganti propolis. Pada akhir penelitian semua tikus dikorbankan, volume jaringan kanker payudara diukur selanjutnya dilakukan fiksasi dengan formalin dan dibuat blok parafin. Dari blok parafin dibuat slide mikroskopis dan dilakukan pemeriksaan imunohistokimia dengan antibodi cyclin D1, hsp70, cox-2 dan VEGF untuk dilakukan pemeriksaan secara mikroskopis.Didapatkan penurunan volume kanker payudara, serta ekspresi cyclin D1, hsp70 dan cox-2 yang bermakna pada kelompok yang diberi ekstrak propolis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Tidak didapatkan penurunan ekspresi protein VEGF pada kelompok propolis dibandingkan dengan kelompok kontrol.Mekanisme hambatan pertumbuhan kanker payudara tikus putih pada pemberian ekstrak propolis berlangsung melalui penurunan ekspresi cyclin D1, hsp70 dan cox-2 akan tetapi tidak melalui penurunan ekspresi VEGF.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK DIS K 09/14 San m
Uncontrolled Keywords: propolis, breast cancer, cyclin D1, hsp70, cox-2, VEGF
Subjects: R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
WILLY SANDHIKA, 091070120UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhartono Taat Putra, Prof. Dr., dr., MSUNSPECIFIED
Thesis advisorI Ketut Sudiana, Dr., Drs., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 04 Oct 2016 02:27
Last Modified: 04 Oct 2016 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/31903
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item