Identifikasi dan peran protein adhesin Actinobacillaus actinomycetemcomitans terhadap ekspresi IL-8, osteokalsin, dan MMP-8 pada patogenesis periodontitis agresif (Studi eksperimental laboratorik pada tikus wistar)

RINI DEVIJANTI RIDWAN (2012) Identifikasi dan peran protein adhesin Actinobacillaus actinomycetemcomitans terhadap ekspresi IL-8, osteokalsin, dan MMP-8 pada patogenesis periodontitis agresif (Studi eksperimental laboratorik pada tikus wistar). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2013-ridwanrini-25268-3.abstra-(1).pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1ridwanrini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : A.actinomycetemcomitans merupakan salah satu bakteri yang terkait dengan periodontitis agresif yang menyerang penderita usia muda dan merupakan faktor penting dalam patogenesis periodontitis agresif karena merupakan penyebab utama penyakit ini. A.actimycetemcomitans mempunyai fimbriae dan macam koloni yang membuat bakteri ini bertahan hidup, beberapa macam koloni A.actinomycetemcomitans adalah koloni transparan kasar, transparan halus dan opaque halus, hanya pada koloni transparan kasar mempunyai fimbriae dengan protein terbanyak pada 6,5 kDa dan sedikit pada 54 kDa. Tujuan : tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menentukan karakteristik adhesin A.actinomycetemcomitans pasien dengan periodontitis agresif, dan membuktikan adhesin A.actinomycetemcomitans sebagai faktor yang berperan di patogenesis periodontitis agresif, serta menganalisis induksi adhesin A.actinomycetemcomitans meningkatkan ekspresi IL-8, osteokalsin dan MMP-8 serta aktivitas MMP-8. Metode : penelitian ini merupakan studi eksperimental laboratoris dengan tiga (3) tahap penelitian yaitu : tahap I adalah isolasi, identifikasi dan pembiakan A.actinomycetemcomitans, tahap II : isolasi adhesin A.actinomycetemcomitans dan tahap III : uji peran adhesin A.actinomycetemcomitans di tikus Wistar. Hasil : hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna dari ekpresi IL- 8, osteokalsin dan MMP-8 serta aktivitas MMP-8 di kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan dengan induksi A.actinomycetemcomitans, A.actinomycetemcomitans+adhesin dan adhesin. Hal ini menunjukkan bahwa A.actinomycetemcomitans berkemampuan mengadesi, mengkolonisasi dan menginvasi host dalam patogenesis periodontitis agresif. Kesimpulan : kesimpulan penelitian ini adalah ditemukannya protein A. actinomycetemcomitans dengan BM 24 kDa yang telah teruji memiliki sifat sesuai protein adhesin, adhesin A.actinomycetemcomitans berfungsi sebagai faktor virulensi A.actinomycetemcomitans dalam proses adesi pada jaringan periodontal dan sebagai faktor yang berperan dalam patogenesis periodontitis agresif, adhesin A.actinomycetemcomitans berperan pada peningkatan ekspresi IL-8, osteokalsin dan MMP-8 serta aktivitas MMP-8 pada periodontitis agresif.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKA KK Dis K34/13 Rid i; KKB KK-2 Dis K34/13 Rid i; KKC KK Dis K34/13 Rid i tidak ada cover dan halaman persetujuan
Uncontrolled Keywords: A. actinomycetemcomitans, adhesin, fimbriae, periodontitis agresif
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
RINI DEVIJANTI RIDWANUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYoes Prijatna Dachlan, Prof.Dr.,dr.,MSc.,SpPAR(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:47
Last Modified: 16 Jun 2017 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item