PENGARUH TIPE IMITASI DAN NEGARA ASAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN ATAS PEMIMPIN MEREK

AILA ZAKINA, 041012065 (2014) PENGARUH TIPE IMITASI DAN NEGARA ASAL TERHADAP SIKAP KONSUMEN ATAS PEMIMPIN MEREK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-zakinaaila-32542-5.abstr-i.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
105.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Imitasi merupakan salah satu strategi dalam pemasaran yang lazim digunakan seperti halnya strategi inovasi. Diantara dua tipe imitasi, imitasi fitur dan imitasi tema, imitasi fitur lebih banyak digunakan oleh pemasar. Namun, pada nyatanya, praktik imitasi fitur justru dianggap merugikan pemimpin merek dalam kaitannya dengan sikap konsumen atas pemimpin merek. Efek merugikan yang diterima oleh pemimpin merek sehubungan dengan praktik imitasi ini akan berbeda-beda, bergantung pada jenis imitasi yang dipraktikkan serta negara asal copycat brand. Penelitian ini menguji bagaimana pengaruh kedua faktor tersebut, yaitu tipe imitasi (fitur/tema) dan negara asal copycat brand (copycat brand buatan negara maju/negara berkembang) terhadap perubahan sikap konsumen atas pemimpin merek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-posttest experimental design dengan memakai desain between-subject. Data diperoleh dari 120 orang partisipan yang merupakan mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah praktik imitasi mempunyai dampak negatif pada pemimpin merek, yakni menurunnya sikap konsumen atas pemimpin merek. Lebih lanjut, praktik imitasi fitur akan menyebabkan penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek yang lebih besar dibandingkan dengan praktik imitasi tema. Sedangkan, praktik imitasi pada copycat brand buatan negara maju menyebabkan penurunan sikap konsumen atas pemimpin merek yang lebih besar dibandingkan dengan pengaplikasian imitasi pada copycat brand buatan negara berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 137/14 Zak p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; TRADEMARK
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AILA ZAKINA, 041012065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 15 Jul 2014 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 04:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item