PENGARUH SALES REPRESENTATIVES POWER TERHADAP STRATEGI HARGA DISTRIBUTOR DAN KOMITMEN SERTA BRAND LOYALTY PENGECER SEMEN GRESIK DI JAWA TIMUR

MALIKUL ADIL, 090114595D (2006) PENGARUH SALES REPRESENTATIVES POWER TERHADAP STRATEGI HARGA DISTRIBUTOR DAN KOMITMEN SERTA BRAND LOYALTY PENGECER SEMEN GRESIK DI JAWA TIMUR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
adilmaliku.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2007-adilmaliku-3715-dise01-p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. yang memproduksi portland cement dan portland pozzolan cement yang dikenal dengan brand Semen Gresik, selalu mengadakan improvisasi di segala bidang, salah satu yang dilakukan adalah improvisasi pada saluran distribusi. Karena saluran distribusi adalah merupakan suatu marketing chain yang menghubungkan dari produsen sampai ke konsumen. Penelitian ini ingin diketahui seberapa dalam peran pengecer Semen Gresik yang terkait dengan pengaruh atau kekuatan sales representatives power terhadap strategi harga distributor dan komitmen serta brand loyalty pengecer Semen Gresik di Jawa Timur. Penelitian ini diadakan pada pengecer di Jawa-Timur sebanyak 120 pengecer dan Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural (Structural Equation Modeling atau SEM) dengan menggunakan paket program AMOS 4.01 dan SPSS versi 11.0. Hasil studi adalah sebagai berikut : 1. Sales representatives power (X) berpengaruh tidak signifikan terhadap strategi harga ( Y1 ), berarti distributor tidak memiliki power atau keleluasaan dalam menentukan strategi harga. 2. Sales representatives power (X) berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen (Y2), berarti sales representatives power distributor tidak berpengaruh terhadap komitmen pengecer. 3. Sales representatives power (X) berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty (Z), berarti power dari sales representative distributor berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengecer pada brand Semen Gresik. 4. Strategi harga (Y1) berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen (Y2), berarti distributor dalam menentukan strategi harga tidak berpengaruh terhadap komitmen pengecer. 5. Strategi harga (Y1) berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty (Z), berarti distributor dalam menentukan strategi harga mempengaruhi loyalitas pengecer terhadap brand Semen Gresik. 6. Komitmen (Y2) berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty (Z), berarti para pengecer dengan komitmen yang tinggi dapat rneningkatkan loyalitas terhadap brand Semen Gresik. 7. Dengan demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sales representatives power, strategi harga distributor, dan komitmen pengecer berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Hasil ini mengindikasikan para pengecer Semen Gresik yang berada di wilayah Jawa Timur tetap loyal untuk menjadi pengecer Semen Gresik dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis E 01/07 Adi p
Uncontrolled Keywords: Marketing chain, distribution channel, brand loyalty, price strategy
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
MALIKUL ADIL, 090114595DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEffendie, Prof.Dr.H.,SEUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 01:25
Last Modified: 18 Jun 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item