RELIGIUSITAS DAN KEPUTUSAN MEMILIH TABUNGAN WADIAH DEMI KEADILAN DAN KETENANGAN JIWA NASABAH DI PULAU LOMBOK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

TAUFIQ CHAIDIR, 090610629D (2012) RELIGIUSITAS DAN KEPUTUSAN MEMILIH TABUNGAN WADIAH DEMI KEADILAN DAN KETENANGAN JIWA NASABAH DI PULAU LOMBOK PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2014-chaidirtau-34322-7.abstr-t.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1chaidirtau.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara khusus studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor religiusitas, status sosial-ekonomi, lingkungan rujukan dan stimuli pemasaran terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah dan keadilan serta ketenangan jiwa nasabah di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Studi ini dilakukan di Pulau Lombok Provinsi NTB dengan pertimbangan bahwa mayoritas penduduknya beragama Islam, disamping itu terdapat keragaman dan perbedaan dalam beberapa aspek, yaitu aspek demografis, geografis, sosial dan budaya (kultural). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Populasi dalam studi ini adalah keseluruhan nasabah yang menabung dananya dalam bentuk tabungan wadiah. Sampel responden (penabung) ditentukan sebanyak 60 orang. Metode analisis menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan intuitif/kasyf. Pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mengevaluasi dan menguji hipotesis yang diterapkan melalui model analisis jalur Partial Least Squares (PLS). Hasil studi menunjukkan bahwa faktor religiusitas, status sosial-ekonomi nasabah, lingkungan rujukan dan stimuli pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan wadiah. Religiusitas merupakan faktor utama nasabah mempertahankan hubungannya atau tetap loyal pada bank syariah karena ketaatan mereka terhadap prinsip-prinsip syariah. Nasabah memutuskan untuk tetap mempertahankan memilih bank syariah berkaitan dengan masalah keimanan dan keyakinan terhadap ajaran agama termasuk didalamnya mengharamkan riba. Keputusan nasabah memilih tabungan wadiah pada bank syariah di Pulau Lombok Provinsi NTB berpengaruh signifikan terhadap keadilan. Tabungan wadiah merupakan bagian dari kepemilikan/kekayaan yang merupakan subjek penting dalam kerangka keadilan nasabah. Keadilan nasabah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketenangan jiwa nasabah. Dengan demikian semakin tinggi dalam menjunjung nilai-nilai keadilan dan kesadaran nasabah untuk menyesuaikan orientasi ekonominya dengan nilai-nilai normatif agama maka derajat self-interest akan semakin tinggi pula ke tingkat nafs al-mutmainah.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 DIS EI 07/14 Cha r
Uncontrolled Keywords: Wadiah savings, Religiousness, Marketing Stimuli, Nafs al- Mutmainah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1225.2-1243.58 Religious Life
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
TAUFIQ CHAIDIR, 090610629DUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Prof.Dr.Hj.,SE.,MSi.,Ak.,CMAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 06 Oct 2016 01:19
Last Modified: 02 Jul 2017 23:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item