IRWAN, 091070824 (2013) MODEL PENCEGAHAN PERILAKU BERISIKO HIV/AIDS PADA REMAJA DI KOTA GORONTALO. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2014-irwan-32334-8.abstr-k.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s3-2014-irwan-32334-fk.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun model pencegahan HIV dan AIDS pada remaja di kota Gorontalo. Metode penelitian adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan Cross Sectional Study. Sampel siswa usia 17 -19 tahun, di SMU/SMK dan MA di Kota Gorontalo, jumlah sampel sebanyak 200 siswa yang diperoleh melalui teknik purposive random sampling. Kerangka konsep penelitian menyebutkan bahwa faktor perilaku secara langsung dipengaruhi oleh intensi seseorang, menurut Fishbein dan Ajzen (1985) intensi dipengaruhi oleh faktor behaviour beliefs, normative beliefs,control beliefs. Hasil penelitian responden berdasarkan jenis kelamin laki-laki 120 orang (60%) perempuan 80 orang (40%). Hasil pemodelan akhir pada remaja bahwa variabel keyakinan/beliefs tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel intensi dan perilaku. Pada remaja variabel ekonomi, budaya dan media massa berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengetahuan remaja, variabel kepatuhan beragama berpengaruh secara signifikan terhadap intensi. Evaluasi model bedasarkan kriteria Goodness of fit nilai Chi square sebesar 0,001, nilai GFI sebesar 0,915, nilai NFI sebesar 0,934, nilai RMR sebesar 0,030.sehingga model secara keseluruhan dinyatakan fit. Kesimpulan hasil penelitian Variabel budaya dan media massa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi remaja secara keseluruhan baik remaja laki-laki dan remaja perempuan. Disarankan pencegahan HIV dan AIDS pada remaja ditekankan pada aspek kepatuhan beragama, Remaja laki-laki lebih memperhatikan faktor lainnya antara lain faktor asuhan orang tua, pendekatan intervensi didalam sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Actions (login required)
View Item |