PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN POLA ASUH DAN ANALISIS RISIKO TERJADINYA GANGGUAN SKIZOFRENIA PADA ANAK BERKEDUDUKAN ISTIMEWA DI DALAM KELUARGA(DI RUMKITAL Dr. RAMELAN SURABAYA)

TUTI HERWINI, 091070816 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN POLA ASUH DAN ANALISIS RISIKO TERJADINYA GANGGUAN SKIZOFRENIA PADA ANAK BERKEDUDUKAN ISTIMEWA DI DALAM KELUARGA(DI RUMKITAL Dr. RAMELAN SURABAYA). Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2014-herwinitut-32643-7.abstr-k.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian tidak matang (imaturitas) akibat pola asuh overindulgence atau overprotective pada anak berkedudukan istimewa yaitu anak pertama, anak tunggal, anak bungsu, lakilaki satu-satunya atau perempuan satu-satunya di dalam keluarga terhadap terjadinya gangguan Skizofrenia. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian case control. Besar sampel yang diteliti adalah 55 untuk kelompok kasus dan 55 untuk kelompok kontrol sehingga jumlahnya seluruhnya adalah 110 orang. Variabel penelitian adalah kedudukan sebagai anak istimewa di dalam keluarga dan pola asuh overindulgence dan overprotective sebagai variabel bebas dan variabel tergantung adalah gangguan Skizofrenia. Hasil penelitian menunjukkan responden kelompok kasus yang terbanyak adalah anak bungsu (43,64%) dan anak pertama (23,64%) yang bila mendapat pola asuh overindulgence atau overprotective atau keduanya, maka akan timbul kepribadian tidak matang (imaturitas) yaitu kemampuan adaptasi, daya tahan terhadap stress dan egostrength-nya rendah maka pada mereka mudah terjadi gangguan jiwa termasuk gangguan Skizofrenia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS. IK 30-14 Her p
Uncontrolled Keywords: anak berkedudukan istimewa, pola asuh verindulgence dan overprotective, imaturitas kepribadian, Skizofrenia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan
10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Doktor Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
TUTI HERWINI, 091070816UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:57
Last Modified: 18 Oct 2016 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32874
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item