STANDAR PENERANGAN TOHEREN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN MATA BAGI PENGRAJIN KARAWO DI KABUPATEN GORONTALO

RENI HIOLA, 091070850 (2013) STANDAR PENERANGAN TOHEREN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELELAHAN MATA BAGI PENGRAJIN KARAWO DI KABUPATEN GORONTALO. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2014-hiolareni-32316-9.abstr-k.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi penerangan di lingkungan kerja pengrajin karawo di Kabupaten Gorontalo sangat tidak membantu untuk mewujudkan produktivitas yang optimal, sehingga sebagian besar pengrajin karawo mengalami kelelahan mata. Toheren adalah standar penerangan yang digunakan dalam ruangan produksi karawo untuk membantu pengrajin karawo saat bekerja agar kelelahan mata bisa dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor yang mempengaruhi standar penerangan Toheren dan besaran standar berdasarkan pengukuran flicker fusion, visus dan keluhan subyektif bagi pengrajin karawo di Kabupaten Gorontalo. Metode pengamatan observasional probability sampling terhadap 71 orang pengrajin karawo di Kabupaten Gorontalo. Data diperoleh dengan cara Stratified Random Sampling, dibagi menjadi variabel prediktor terdiri dari karakteristik pengrajin karawo, ruang kerja, penerangan dan bahan atau materi kerja. Variabel respon yaitu kelelahan mata berdasarkan pengukuran flicker fusion, visus dan keluhan subyektif. Analisis data secara deskriptif, analisis inferensial digunakan permodelan Adaptive Regression Spline. Hasil penelitian menunjukan sebelum bekerja pengrajin karawo belum mengalami kelelahan mata, namun setelah bekerja seluruh pengrajin mengalami penurunan ketajaman penglihatan dan mata menjadi lelah. Hasil temuan baru: Standar penerangan Toheren adalah penerangan diatas 270 lux dan faktor yang mempengaruhi kelelahan mata adalah usia 20 tahun keatas.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS. IK 8-14 Hio s
Uncontrolled Keywords: Standar Penerangan, Toheren, Kelelahan Mata dan Pengrajin Karawo.
Subjects: Q Science > QP Physiology > QP1-345 General Including influence of the environment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan
10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Doktor Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RENI HIOLA, 091070850UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof. Dr., dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 30 Aug 2016 15:11
Last Modified: 18 Oct 2016 02:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32880
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item