MODEL HUBUNGAN FAKTOR PENYEBAB KELUHAN FISIK GANGGUAN OTOT DAN SENDI PADA OPERATOR KOMPUTER

ASEP SURYANA ABDURRAHMAT, 091070821 (2013) MODEL HUBUNGAN FAKTOR PENYEBAB KELUHAN FISIK GANGGUAN OTOT DAN SENDI PADA OPERATOR KOMPUTER. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2014-abdurrahma-35808-9.-abstr-k.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seringkali operator komputer mengalami keluhan fisik akibat gangguan otot dan sendi di berbagai wilayah tubuhnya setelah melaksanakan pekerjaannya. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti karakteristik umum operator, keseimbangan antropometri operator dengan ukuran stasion kerjanya, dan organisasi kerja. Namun demikian, belum ada penelitian yang secara komprehensif melihat hubungan berbagai faktor penyebab terhadap keluhan fisik akibat gangguan otot dan sendi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menyusun model hubungan faktor penyebab keluhan fisik. Penelitian dengan metode cross sectional dilakukan terhadap 200 orang operator dengan jenis kelamin pria, berusia antara 25 – 40 tahun, sehat, dan tidak berkacamata. Pengumpulan data diawali dengan menyusun instrumen ASATMAW yang valid dan reliabel. Selanjutnya instrumen tersebut digunakan untuk mengumpulkan data variabel karakteristik umum komputer, keseimbangan antropometri (KA), dan organisasi kerja (OK) serta keluhan fisik secara subjektif (KS). Pengukuran keluhan fisik secara objektif digunakan alat ukur lactat analyzer. Hasil penelitian menunjukan bahwa kadar asam laktat darah masih dalam batas normal namun terdapat pengaruh pada keluhan subyektif. Setelah dilakukan analisis SEM dihasilkan model hubungan formulasi sebagai berikut : KS = 0,30 (KA) + 0,46 (OK) Kesimpulan, dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan instrumen ASATMAW dapat diperoleh model hubungan faktor penyebab keluhan fisik secara subjektif pada operator komputer. Saran, yang disusun berdasarkan hasil penelitian adalah perlu dilakukan penataan ulang terhadap organisasi dan stasion kerja.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS. IK 9-14 Abd m
Uncontrolled Keywords: keluhan fisik secara subjektif, keluhan fisik secara objektif, gangguan otot dan sendi.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ASEP SURYANA ABDURRAHMAT, 091070821UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Martiana, Prof. Dr., dr., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 30 Aug 2016 15:27
Last Modified: 30 Sep 2016 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/32881
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item