PEMODELAN REGRESI LOGISTIK BINER PADA TINGKAT RESIKO KEBUTAAN PASIEN GLAUKOMA PRIMER MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE (Studi Kasus di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya)

ROSITA RAHAYU PERTIWI, 081211833007 (2016) PEMODELAN REGRESI LOGISTIK BINER PADA TINGKAT RESIKO KEBUTAAN PASIEN GLAUKOMA PRIMER MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE (Studi Kasus di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
ST. S. 36-16 Per p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mata merupakan alat penting untuk melihat dan mengetahui keadaan di sekitar sehingga kesehatan mata harus dijaga dengan baik. Apabila kesehatan mata tidak diperhatikan, hal itu dapat merugikan manusia karena mengakibatkan gangguan penglihatan yang akan mempengaruhi kualitas hidup manusia. Gangguan penglihatan merupakan suatu hambatan pada mata yang ditandai dengan penurunan tajam penglihatan ataupun menurunnya luas jangkauan pandang, yang dapat mengakibatkan kebutaan. Glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbanyak setelah katarak di seluruh dunia. Berbeda dengan katarak, kebutaan yang diakibatkan glaukoma bersifat permanen atau tidak dapat diperbaiki. Glaukoma adalah penyakit mata dimana terjadi kerusakan saraf optik yang diikuti gangguan pada lapang pandangan yang khas, biasanya disertai peningkatan tekanan intraokular. Pemodelan tingkat risiko kebutaan pada penderita glaukoma primer terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi dapat dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi nonparametrik multivariat. Salah satu analisis regresi nonparametrik multivariat untuk mengetahui hubungan antar variabel adalah pendekatan Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS) dengan variabel respon mengalami resiko kebutaan atau tidak pada pasien glaukoma primer. Variabel prediktornya adalah usia (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. S. 36/16 Per p
Uncontrolled Keywords: Glaukoma, Regresi Logistik Biner, Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS).
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
ROSITA RAHAYU PERTIWI, 081211833007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEko Tjahjono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Jun 2016 05:52
Last Modified: 21 Jun 2016 05:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item