KEDUDUKAN BANK SEBAGAI PENERIMA JAMINAN OBJEK HAK ATAS TANAH DENGAN DASAR AKTA PENGOPERAN HAK DAN KUASA JUAL

ANITA PUTRI CAHYANINGRUM. S.H, 031414253065 (2016) KEDUDUKAN BANK SEBAGAI PENERIMA JAMINAN OBJEK HAK ATAS TANAH DENGAN DASAR AKTA PENGOPERAN HAK DAN KUASA JUAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. TMK 54-16 Cah k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mekanisme take over ditunjukkan dengan keadaan bahwa penjual dan pembeli objek rumah keduanya sama-sama terikat pada bank yang berbeda selaku pihak penyediadana yang digunakan untuk pembayarannya. Akta Pengoperan Hak dan Kuasa Jual digunakan oleh bank (penyedia dana bagi pembeli take over) untuk mengikat debitor/pembeli. Hal demikian bukan merupakan jaminan yang sempurna, Hak Tanggungan sebagai lembaga jaminan yang diatur dalam perundang-undang tidak dapat digunakan karena proses roya oleh penjual yang membutuhkan waktu dalam penyelesaiannya. Berdasarkan pemaparan tersebut ditentukan rumusan masalah sebagai berikut: pertama, apakah bank berkedudukan sebagai kreditur preference berdasarkan Akta Pengoperan Hak Dan Kuasa Jual?; kedua, upaya yang dilakukan oleh bank bilamana debitur wanprestasi sedangkan obyek jaminan belum dibebani Hak Tanggungan?. Untuk menjawab permasalahan yang sedang diangkat digunakan metode penelitian dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan Konsep dan studi kasus. Dari permasalahan pertama diketemukan bahwa kreditor berposisi sebagai kreditor konkuren berdasarkan Akta Pengoperan Hak dan Kuasa Jual karena jaminan hak atas tanah tanah tersebut belum dibalik nama atas nama Debitor/Pembeli sehingga belum dapat dibebani dengan lembaga Jaminan Hak Tanggungan. Sedangkan upaya hukum yang dapat dilakukan oleh bank sebagaimana permasalahan kedua adalah dengan cara mengeksekusi jaminan tambahan bilamana ada dan jika belum menutup utangnya maka ditutup oleh jaminan umum sebagaimana tercantum dalam Pasal 1131 BW.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.54/16 Cah k
Uncontrolled Keywords: Bank, Akta Pengoperan Hak dan Kuasa Jual, Kreditor Konkuren
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ANITA PUTRI CAHYANINGRUM. S.H, 031414253065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTRISADINI PRASASTINAH USANTI, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 21 Jun 2016 13:26
Last Modified: 21 Jun 2016 13:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item