MODEL ADAPTASI CARE GIVER DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN SKIZOFRENIA DI KOTA KEDIRI

BYBA MELDA SUHITA, 101217087310 (2016) MODEL ADAPTASI CARE GIVER DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN SKIZOFRENIA DI KOTA KEDIRI. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
10 ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
DIS.IK.16-16 Suh m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skizofrenia adalah gangguan jiwa berat yang ditandai dengan gangguan realitas (halusinasi dan waham), ketidakmampuan berkomunikasi, afek yang tidak wajar atau tumpul, gangguan kognitif (tidak mampu berfikir abstrak) serta mengalami kesukaran melakukan aktivitas sehari hari. Biasanya keluargalah yang paling terkena dampak bagi hadirnya penderita skizofrenia di keluarga mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model adaptasi care giver dalam merawat anggota keluarga dengan skizofrenia di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan sifat penelitian explanatory research. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pada 135 responden yang tersebar di 9 wilayah puskesmas di kota Kediri. Tehnik sampling yang digunakan menggunakan simple random sampling . Untuk analisis data dan menguji kelayakan model menggunakan uji SEM dengan program AMOS 19. Hasil penelitian menunjukkan self esteem care giver (-0.25 < 0.05), community recources (0,24 , 0.05), self efficacy (0,22 , 0.05), care giver coping effort (0.17 < 0.05), dan persepsi care giver tentang kondisi keluarga saat ini (0.19 < 0.05) yang artinya adaptasi care giver dalam merawat penderita skizofrenia dipengaruhi oleh karakteristik keluarga yaitu community recources, self efficacy, care giver coping effort , self esteem dan persepsi care giver terhadap kondisi keluarga yang dialami saat ini.. Persepsi care giver tentang kondisi keluarga saat ini dipengaruhi oleh stress, dimana stress muncul pada care giver akibat stressor yang ada selama merawat penderita skizofrenia terutama perilaku agresif penderita skizofrenia. Adaptasi care giver sangat berpengaruh dalam proses perawatan penderita skizofrenia, karena dalam hal ini menjadi salah satu poin penting untuk bisa menjaga keberlangsungan proses perawatan dan mencegah kekambuhan dari penderita skizofrenia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS.IK.16/16 Suh m
Uncontrolled Keywords: Skizofrenia, care giver, adaptasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA790-790.95 Mental health. Mental illness prevention
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
BYBA MELDA SUHITA, 101217087310UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChatarina Umbul Wahyuni, Prof. Dr.,dr.MS.MPHUNSPECIFIED
Thesis advisorHari Basuki Notobroto, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 23 Jun 2016 05:56
Last Modified: 23 Jun 2016 05:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item