PENGARUH EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava.L) TERHADAP KADAR LUTEINIZING HORMONE (LH), JUMLAH SEL LEYDIG DAN KADAR TESTOSTERON PADA TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus)

YENI PRIYANDARI, NIM011214653001 (2014) PENGARUH EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI MERAH (Psidium guajava.L) TERHADAP KADAR LUTEINIZING HORMONE (LH), JUMLAH SEL LEYDIG DAN KADAR TESTOSTERON PADA TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2016-priyandari-40110-8.abstr-k.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini ingin membuktikan potensi ekstrak daun jambu biji merah sebagai alternatif obat herbal KB pada lai-laki. Metode penelitian eksperimental dengan rancangan Pre-Post test control group design. Besar sampel menggunakan rumus umum penelitian dengan jumlah 24 ekor tikus putih jantan yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu K1 tikus diberikan larutan CMC Na 0,5%, K2 tikus diberi larutan ekstrak daun jambu biji merah dosis 40mg/ml/hari dan K3 tikus diberikan larutan ekstrak daun jambu biji merah dosis 80mg/ml/hari sebanyak 1ml per sonde selama 30 hari. Hasil penelitian Paired T-test pada variabel kadar LH dosis 40 mg/ml/hari ρ>α tidak ada perbedaan yang bermakna sebelum dan sesudah perlakuan di variabel kadar LH,variabel kadar Testosteron dosis 40 mg/ml/hari ρ>α (0,090), tidak ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Untuk dosis 80 mg/ml/hari ρ>α , ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data pada pemeriksaan kadar LH dan jumlah sel Leydig dengan ANOVA didapatkan ρ>α yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pemeriksaan kadar LH dan jumlah sel Leydig di ketiga kelompok perlakuan. Hasil ANOVA pada pemeriksaan kadar Testosteron didapatkan ρ>α (ρ = 0,000) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kadar Testosteron di ketiga kelompok perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian ekstrak daun jambu biji merah dengan dosis 40mg/ml/hari dan 80mg/ml/hari pada tikus putih jantan belum dapat menekan sekresi kadar LH dan menurunkan jumlah sel Leydig , dosis 80 mg/ml/hari dapat meningkatkan kadar Testosteron.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA TKR 03-15 Pri p
Uncontrolled Keywords: red guava leaf extract, LH, Leydig cells, testosterones
Subjects: R Medicine
R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
YENI PRIYANDARI, NIM011214653001NIM011214653001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Poernomo, Dr. H. drh., MSUNSPECIFIED
Thesis advisorBudyandini D. Pramesti, M.P. dr. M.Kes.,Sp.AndUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 23 Oct 2016 22:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/33974
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item