PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KEPUASAN KERJA INTRINSIK DAN KOMITMEN ORGANISASI UNTUK MENUMBUHKAN SERVICE EFFORT PADA KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL HOTEL MAJAPAHIT SURABAYA

I Wayan Carma, 090310617L (2005) PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KEPUASAN KERJA INTRINSIK DAN KOMITMEN ORGANISASI UNTUK MENUMBUHKAN SERVICE EFFORT PADA KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL HOTEL MAJAPAHIT SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-carmaiwaya-3863-kkbkk-2-k.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
34105.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Meningkatnya persaingan dalam industri perhotelan, menyebabkan semakin banyak hotel menerapkan strategi pemasaran baru yang lebih fokus pada pelanggan, serta meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tujuan dari studi ini adalah : 1) mengkaji, menganalisis dan menemukan pengaruh langsung pelatihan terhadap kepuasan intrinsik dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya; 2) mengkaji, menganalisis dan menemukan pengaruh langsung pelatihan terhadap komitmen organisasi dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya; 3) mengkaji, menganalisis dan menemukan pengaruh langsung kepuasan intrinsik terhadap komitmen organisasi dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya; dan 4) Untuk mengkaji, menganalisis dan menemukan pengaruh langsung komitmen organisasi terhadap service effort dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah pelatihan, sedangkan variabel endogennya adalah: kepuasan intrinsik, komitmen organisasi dan service effort. Populasi dalam penelitian ini karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan sudah menjadi karyawan minimal satu tahun. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 129 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Software AMOS 4.01. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelatihan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan intrinsik dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya; 2) Pengaruh langsung pelatihan terhadap komitmen organisasi dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya tidak signifikan; 3) Kepuasan intrinsik berpengaruh langsung dan signifikan terhadap komitmen organisasi dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya; 4) Komitmen organisasi berpengaruh langsung dan signifikan terhadap service effort dari karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya; dan 5) Model pengaruh pelatihan terhadap kepuasan intrinsik, pengaruh kepuasan intriksik terhadap komitmen organisasi, dan pengaruh komitmen organisasi terhadap service effort karyawan Mandarin Oriental Hotel Majapahit Surabaya adalah model yang fit dan valid.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 15/07 Car p
Uncontrolled Keywords: Training, intrinsic jobs satisfaction, organization commitment and service effort.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
I Wayan Carma, 090310617LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSITI SULASMI, Dr. MSc., Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 2016
Last Modified: 15 Jun 2017 22:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item