PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, STRUKTUR MODAL, RISIKO PASAR, DAN PELUANG INVESTASI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA.

WIJAYA PUTU YUDY, 090415395M (2006) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, STRUKTUR MODAL, RISIKO PASAR, DAN PELUANG INVESTASI TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
34171.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan dividen merupakan faktor penting dalam keputusan keuangan perusahaan karena mampu menampilkan kondisi keuangan perusahaan, serta menggambarkan hubungan antar pihak yang saling berkepentingan (stakeholder). Perlu adanya individu sebagai manajer yang profesional daiam mengelola perusahaan. Pemisahaan pengelolaan perusahaan antara manajer dengan pemegang saham cenderung akan menimbulkan konflik kepentingan. Para manajer selaku agent tidak dapat mengambil keputusan dan tindakan yang terbaik untuk memaksimakan kekayaan pemegang saham, dan justru mengambil keputusan yang memaksimumkan kekayaan mereka. Untuk itu diperlukan tindakan monitoring oleh pemegang saham terhadap aktivitas manajer. Tindakan monitoring tersebut tentu akan menimbulkan biaya keagenan. Alternatif untuk mengurangi biaya keagenan adalah dengan meningkatkan kepemilikan saham kepada manajer (insider). Manajemen dalam usaha meningkatkan kesejahteraan pemegang saham melalui pembagian keuntungan juga perlu mempertimbangkan kondisi struktur modal, risiko yang dihadapi, serta peluang investasi yang akan diperoleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis secara empiris struktur kepemilikan, struktur modal, risiko pasar, dan peluang investasi secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen perusahaan go public di Bursa Efek Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan untuk analisis digunakan pooling data yaitu menggabungkan data time series dan cross section terhadap 29 sampel perusahaan go public di Bursa Efek Jakarta selama periode 2000 hingga 2005. Struktur kepemilikan (xi), struktur modal (x2), risiko pasar (x3), dan peluang investasi (x4) sebagai variabel independen, dan variabel dependen adalah kebijakan dividen (Y). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi panel data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel struktur kepemilikan dan risiko pasar tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap kebijakan dividen. Variabel struktur modal berpengaruh signifikan negatif terhadap kebijakan dividen dengan nilai koefisien korelasi sebesar -26,888. Variabel peluang investasi mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kebijakan dividen dengan koefisien korelasi sebesar 3,293. Variabel struktur kepemilikan, struktur modal, risiko pasar, dan peluang investasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dengan nilai F tabel sebesar 2,345 lebih kecil daripada nilai F hitung sebesar 3,313. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,1428 (14,28 %). Data penelitian ini tidak terjadi pelanggaran asumsi klasik yakni multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TE 02/07 Afa p
Uncontrolled Keywords: Dividend policy, ownership structure, capital structure, market risk, investment opportunity set, public corporations.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
WIJAYA PUTU YUDY, 090415395MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Santika, Prof.Dr.,SEUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 12 Jun 2017 21:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34171
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item