NI WAYAN ARNITI, 090410802L (2006) UPAYA PEMASARAN INSTALASI RAWAT INAP RUANG PAVILIUN PRAJA AMERTHA MELALUI ANALISIS PENILAIAN, PERSEPSI DAN HARAPAN KONSUMEN TENTANG MARKETING MIX 7P DI RSUD WANGAYA DENPASAR BALI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK TKA 52-07 Arn u.pdf Download (791kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
TKA%2052-07%20Arn%20u-ilovepdf-compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Rumah sakit mempunyai peranan yang sangat penting, karena merupakan pendukung utama dalam menanggulangi kasus dan masalah kesehatan yang tidak dapat diselesaikan pada tempat pelayanan kesehatan lainnya. Saat ini pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit telah berkembang menjadi suatu industri yang berbasis pada ekonomi dan manajemen. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan rumah sakit akan terus meningkat seiring dengan iklim kompotisi yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah merekomendasi upaya pemasaran untuk meningkatkan pemanfaatan instalasi rawat inap Ruang Paviliun Praja Amertha RSUD Wangaya Denpasar berdasarkan analisis penilaian, persepsi dan harapan konsumen. Faktor karakteristik yang diteliti adalah karakteristik demografi (umur, jenis kelamin dan pendidikan), karakteristik sosio-ekonomi (pekerjaan dan pendapatan). Penelitian ini merupakan penelitian survey dan dilihat menurut waktunya termasuk penelitian crossectional study. Sanipel penelitian ini adalah konsumen yang sedang rawat inap di Ruang Paviliun Praja Amertha (Kelompok A), konsumen yang sedang rawat jalan di RSUD Wangaya Denpasar tetapi menolak untuk rawat inap di Ruang Paviliun Praja Amertha (Kelompok B) dan dokter spesialis yang bekerja di RSUD Wangaya Denpasar. Besar sampel 146 orang terdiri dari 53 orang dari Ruang Paviliun Praja Amertha (Kelompok A), 65 orang dari rawat jalan yang menolak untuk rawat inap di Ruang Paviliun Praja Amertha (Kelompok B) dan 28 orang dokter spesialis. Waktu penelitian dari tanggal 26 juni sampai dengan 26 agustus 2006. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan marketing mix 7P sudah sesuai standar RS tipe B. Penilaian dan harapan dokter spesialis yang masih kurang adalah: a. Produk yaitu jenis pelayanan medis dan penunjang medis tidak lengkap, b. Tempat yaitu ruang operasi dan ruang perawatan tidak nyaman, tempat parkir tidak aman, c. Penampilan yaitu fasilitas ruang operasi dan alat medis tidak lengkap. Sedangkan kelebihannya adalah: a. komitmen dokter spesialis untuk merujuk pasien sudah baik, b. tarif yaitu waktu pembayaran jasa medis dokter spesialis tepat waktu, c. tempat yaitu akses menuju ruang perawatan mudah, d. SDM yaitu tenaga paramedis dan non medis terampil dan ramah, e. proses yaitu kemudahan mendapatkan proses pelayanan; ruangan perawatan dan kemudahan mendapatkan jadwal operasi, f promosi yaitu alat promosi yang digunakan sudah tepat, g. penampilan yaitu fasilitas ruang perawatan lengkap. Penilaian, persepsi dan harapan responden yang masih kurang adalah: a. Tarif: tarif mahal dan cara pembayaran sulit, b. SDM: petugas tidak ramah, c. Proses: jadwal kunjungan dokter spesialis tidak tepat waktu. Sedangkan kelebihannya adalah: a. Produk: jenis pelayanan medis sudah lengkap, b. Tempat: ruang perawatan dan ruang tunggu nyaman, ruang tamu bersih dan akses menuju ruang paviliun mudah, c. SDM: petugas sabar, terampil, penampilan rapi, d. Proses: pelayanan petugas cepat, frekwensi kunjungan dokter spesialis sering, proses penyediaan obat lancar, e. Promosi: alat promosi yang digunakan sudah tepat, f Penampilan: fasilitas kamar sudah lengkap. Dari hasil penelitian diharapkan, pihak manajemen rumah sakit dapat mengambil langkah awal dengan mengadakan pertemuan dengan dokter spesialis guna membahas bagaimana melaksanakan rekomendasi yang sudah disarankan dengan tepat karena pada saat penyusunan rekomendasi tidak melibatkan pihak manajemen dan membuka loket pembayaran di setiap kolas perawatan untuk mem udahkan pelanggan dal am melakukan pembayaran.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 52/07 Arn u | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Utilization, marketing-mix, consumers expectation, perception, assessment | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 06 Jun 2017 17:42 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34214 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |