HAK KREDITOR SEPARATIS ATAS BENDA YANG DIJAMIN SECARA FIDUSIA KETIKA DEBITOR DINYATAKAN PAILIT

AYU MILITANSIA BRILLYANTI, 030310413 N (2007) HAK KREDITOR SEPARATIS ATAS BENDA YANG DIJAMIN SECARA FIDUSIA KETIKA DEBITOR DINYATAKAN PAILIT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-brillyanti-6679-tmk140-t.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-brillyanti-6679-tmk1408.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a. Kreditor pemegang hak atas jaminan fidusia sebagai kreditor preferen atau kreditor separatis, sehingga mempunyai hak untuk didahulukan dalam pemenuhan piutangnya di antara kreditor lainnya, namun hanya sebatas barang-barang yang dibebani sebagai jaminan fidusia. Barang¬-barang jaminan tersebut baik dengan parate eksekusi maupun sita eksekusi dijual melalui lelangan yang hasilnya digunakan untuk membayar utang-utang kreditur dan jika ada kelebihan akan dikembalikan, namun jika ada kekurangan, maka kekurangan tersebut pemenuhannya didasarkan atas keseimbangan jumlah piutang atau yang disebut kreditor konkuren. b. Hak kreditor separatis yang semula tidak dibatasi dalam pelaksanaan pemenuhannya, menjadi terbatas ketika debitor dinyatakan pailit, karena dengan dinyatakan pailit meskipun kreditor oleh undang-undang diberi hak seakan-akan tidak terjadi kepailitan, namun batas waktu pelaksanaan pemenuhan hak sebagai kreditor separatis dibatasi yaitu menjadi selama-¬lamanya 2 (dua) bulan atau enam puluh hari terhitung sejak tenggang waktu pemberesan yaitu selama 90 (sembilan puluh) hari. Jadi di satu sisi dengan dinyatakannya pailit haknya sebagai kreditor separatis atas barang jaminan fidusia seakan-akan tidak terjadi pailit, namun di sisi yang lain waktu penggunaan hak kreditor dibatasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.14/08 Bri h
Uncontrolled Keywords: FIDUCIA; DEBITOR
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
AYU MILITANSIA BRILLYANTI, 030310413 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Isnaeni, Prof., Dr., H., S.H., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 22:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34227
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item