INTERACTIVE AUDIENCE DALAM KEMASAN MEDIA GLOBAL : Studi Reception Analysis tentang Interaktivitas dalam Situs Suara Surabaya.net

Ido Priyana Hadi, 090410719L (2006) INTERACTIVE AUDIENCE DALAM KEMASAN MEDIA GLOBAL : Studi Reception Analysis tentang Interaktivitas dalam Situs Suara Surabaya.net. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-hadiidopri-6329-tsk050-k.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-hadiidopri-6329-tsk050-iHLM DPN.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-hadiidopri-6329-tsk050-iFULLTEXT.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAPIRAN)
gdlhub-gdl-s2-2008-hadiidopri-6329-tsk050LAMP.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia jurnalistik mengalami percepatan serta dinamika yang luar biasa dalam produksi dan distribusi berita karena faktor penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet. Media tidak bergantung pada periodisasi waktu terbit. Media dituntut mampu memberikan sajian informasi yang seketika (realtime), dalam hitungan menit atau bahkan detik atas peristiwa atau kejadian disuatu tempat. Karenanya unsur kecepatan (speed) menjadi tuntutan jurnalistik dewasa ini, disamping aktualitas dan akurasi. Media pada akhirnya tidak saja mengubah pola pengerjaan jurnalistik tetapi juga perilaku konsumsi media oleh khalayak. Internet sebagai jejaring komputer global yang menggabungkan citra, gambar-gerak, teks, dan audio-visual. Internet telah membedakan diri dari jenis media sebelumnya melalui apa yang disebut interaktivitas (interactivity). Interaktivitas merupakan keunikan dalam medium internet terutama dalam hal isinya, seperti adanya mekanisme feedback melalui e-mail (electronic mail), obrolan online (online chatrooms) atau wawancara langsung. Informasinya mudah ditelusur (searchable), ter-update (diperbarui) setiap saat, dan dapat dihubungkan (link) ke situs lain. Internet juga mampu mendistribusikan program audiovisual yang ditransmisikan pada penyiaran reguler. Internet menjadi ruang publik baru tempat dimana orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat. Wacana isu-isu apa pun berkembang sangat cepat melalui internet. Bagaimana sebenarnya individu memanfaatkan internet sebagai media interaktif untuk mengakses informasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerimaan pengakses (users) tentang interaktivitas dalam media online di situs Suara Surabaya.net. Serta bagaimana makna subyektif yang mereka ciptakan berdasarkan pemahaman mereka mengenai media online yang selama ini diaksesnya. Penelitian juga tertarik untuk melihat bagaimana penerimaan users terhadap teknologi komunikasi dan informasi berdasarkan relevansinya dengan tema yang dipilih yaitu wacana mengenai media global dalam website Radio Suara Surabaya. Nilai interaktivitas SS.net diperoleh users melalui hyperlinks, membokmark situs SS.net, search engines SS.net dan adanya mekanisme feedback yang memberikan kesempatan users untuk berhubungan dengan redaksi, maupun users lain. Sehingga diantara mereka dapat saling merespon secara users to users yaitu individu berinteraksi dengan individu lain dalam diskusi online, sifatnya lebih de-massifled - personal (meniadakan hal-hal yang bersifat massa). Sedangkan respon users to documents adalah individu mengakses rubrik news, article, archive, searching, foto, dan sebagainya. Berita bisa di frame dan diatur ke dalam format yang diinginkan users, tidak lagi menunggu jadwal waktu terbit media (periodisasi waktu terbit). Terdapat keleluasaan users dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Sementara users to computer (transaksi online) adalah interaksi dengan users dengan komputer itu sendiri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 05/07 Had i
Uncontrolled Keywords: Interactivity, Audience, Reception.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
T Technology > TS Manufactures > TS195-198.8 Packaging
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu ilmu Sosial
07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu ilmu Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Ido Priyana Hadi, 090410719LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenry Subiakto, Drs.,SH.,MAUNSPECIFIED
Thesis advisorYuyun WI Surya, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 04 Mar 2019 11:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item