Buku Angsuran Seri A YKP-KMS Sebagai Obyek Jaminan Fidusia

Josep Candra Kristianto (2008) Buku Angsuran Seri A YKP-KMS Sebagai Obyek Jaminan Fidusia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-kristianto-7562-thb160-k.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
44.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan a. Dalam pelaksanaan pembebanan Buku Angsuran serie A sebagai jaminan kredit, terdapat hubungan hukum pihak-pihak, di antaranya hubungan hukum antara pemilik Buku Angsuran Serie A dengan YKP-KMS, yang didasarkan atas jual beli hak atas tanah beserta bangunan rumah yang dibangun di atasnya dengan menempatkan. YKP KMS sebagai penjual hak atas tanah beserta bangunan yang berdiri di atasnya dan pemegang Buku Angsuran Serie A sebagai pembeli. Selain itu terdapat hubungan hukum antara pemegang Buku Angsuran Serie A selaku pemilik hak atas tanah beserta bangunan yang ada di atasnya dengan bank didasarkan. Hubungan hukumnya didasarkan atas perjanjian pemberian kredit dengan menyerahkan Buku Angsuran Serie A sebagai bukti pemilikan hak atas tanah beserta bangunan yang berdiri di atas tanah. b. Meskipun YKP - KMS dalam Surat Pernyataan Dan Bank menjamin bahwa selama dalam ikatan kredit tidak menyerahkan sertipikat hak atas tanah kepada debitor dan menjamin debitor tidak mengalihkan bangunan beserta tanahnya, eksistensi YKP-KMS bukan sebagai penjamin atau avalis atas hutang debitor terhadap bank, melainkan sebagai pihak yang berkompeten setiap sertipikat yang diterbitkan diserahkan kepada YKP-KMS bukan diserahkan langsung kepada pembeli selaku pemilik, sehingga mempunyai hak untuk menahan selama kredit belum terbayar tunas. Oleh karenanya jika debitor wanprestasi, pihak YKP KMS tidak bertanggungjawab atas tidak dilunasinya kredit tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 16/08 Kri b
Uncontrolled Keywords: Buku Angsuran Serie A YKP-KMS, Obyek Jaminan, Fidusia
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K720-792 Property
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
Josep Candra KristiantoNIM030410175-M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Yudha Hernoko, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Feb 2019 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34335
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item