Sirazul Munir
(2006)
Inovasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Publik Puskesmas dalam Merespon Perkembangan Masyarakat dan Pelayanan Swasta di Kabupaten Malang.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Era globalisasi membawa perubahan di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan terjadinya perubahan tata nilai di masyarakat sehingga menyebabkan meningkatnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik. Otonomi daerah memungkinkan pemerintah untuk menciptakan inovasiinovasi kebijakan yang berorientasi pada masyarakat lokal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Bagaimana inovasi kebijakan pelayanan kesehatan di puskesmas dalam merespon perkembangan masyarakat dan pelayanan kesehatan swasta 2) Bagaimana implementasi kebijakan tersebut di puskesmas, permasalahan yang timbul, upaya dan kiat, dalam rangka nnemperbaiki kinerjanya. Lokasi Penelitian di lingkungan Dinas Kesehatan Malang dan Puskesmas Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Pengambilan responden dengan system purposive sampling dengan data primer adalah hasil wawancara mendalam (indepth interview) ditunjang oleh data sekunder dari studi dokumen dan observasi di lapangan. Dari hasil penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan yaitu, Pertama: Inovasi-inovasi kebijakan pelayanan publik dalam merespon perkembangan masyarakat dan perkembangan pelayanan kesehatan swasta, oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dan Puskesmas Lawang sudah dikembangkan, akan tetapi belum menerapkan Community Based Policy dan tidak ada customers charter sebagai pengakuan atas hak dan kewajiban dari masyarakat pengguna dan penyelenggara pelayanan. Kedua : dalam implementasi pelayanan rawat inap sebagian besar sudah berjalan baik walaupun masih ada yang perlu peningkatan.
Actions (login required)
|
View Item |