ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP PERLUASAN MEREK DARI KATEGORI PRODUK MINYAK GORENG MEREK FILMA DI SURABAYA

Bambang Hadi Santoso, 090210489L (2006) ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP PERLUASAN MEREK DARI KATEGORI PRODUK MINYAK GORENG MEREK FILMA DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2008-santosobam-6755-te4707-k.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2008-santosobam-6755-te4707.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Perluasan Merek dari Kategori Produk Minyak Goreng Merek Filma di Surabaya dilakukan dengan meneliti 5 variabel. Variabel-variabel tersebut adalah kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, ekuitas merek dan perluasan merek. Tujuan dilakukannya penelitian tersebut adalah: (1) Menyelidiki pengaruh antara kesadaran merek terhadap ekuitas merek dari merek yang telah ada sebelumnya (merek Filma) di Surabaya; (2) Menyelidiki pengaruh antara persepsi kualitas terhadap ekuitas merek dari merek yang telah ada sebelumnya (merek Filma) di Surabaya; (3) Menyelidiki pengaruh antara asosiasi merek terhadap ekuitas merek dari merek yang telah ada sebelumnya (merek Filma) di Surabaya; (4) Mengetahui pengaruh ekuitas merek dari merek induknya terhadap merek perluasannya di Surabaya; dan (5) Mengetahui bahwa perluasan merek memberikan pengaruh timbal balik (reciprocal effects) terhadap ekuitas merek induk di Surabaya. Dalam model penelitian ini, variabel-variabel yang akan dilakukan analisis diklasifikasikan menjadi variabel eksogen (exegenous variable), yang terdiri atas variabel-variabel kesadaran merek, persepsi kualitas dan asosiasi merek; serta variabel endogen (endogenous variable), yang terdiri dari variabel-variabel ekuitas merek dan perluasan merek. Skala Likert (Likert Scale) sebanyak 5 titik digunakan untuk mengukur variabel-variabel dalam model penelitian. Sumber data adalah berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden di kota Surabaya yang mengonsumsi kategori produk merek Filma produksi dari Kelompok Sinar Mas (minyak goreng). Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang pernah membeli serta mengonsumsi minyak goreng merek Filma di kota Surabaya. Sampel yang diambil untuk melakukan penelitian adalah sampel yang memiliki karakteristik populasi. Jumlah responden konsumen yang diambil sebagai sampel penelitian ini telah ditetapkan sebesar 200 responden. Perlu diketahui bahwa metode pengambilan sampelnya adalah dengan menggunakan non probability sampling, dengan teknik penentuan convenience sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan formula statistik, yang berupa Model Persamaan Struktural (Structural Equation Model, SEM). Dari model penelitian ini diharapkan akan dapat menjelaskan hubungan antar variabel dalam rangka memahami pengaruh timbal balik antara ekuitas merek dengan perluasan merek. Melalui Model Persamaan Struktural, peneliti dapat melihat kesesuaian model dengan data empiris yang diteliti, dan selain itu, peneliti dapat mengetahui hubungan kausalitas antar faktor yang dibangun atau diamati dalam model. Data yang didapat dari penelitian ini dianalisa dengan menggunakan Program AMOS Versi 4.01. Perlu juga dicatat bahwa pengujian pra-penelitian telah dilakukan untuk mengetahui validitas alat-alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya dan mengetahui reliabilitas data penelitian. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan berdasarkan data yang telah dikumpulkan, yang berasal dari responden konsumen melalui penyebaran kuesioner kepada 30 responden konsumen. Kedua uji tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan Program SPSS Versi 11.0. Hasil-hasil penelitian diketahui setelah melakukan pengujian terhadap hipotesis. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa (1) Kesadaran merek tidak mempunyai pengaruh terhadap ekuitas merek (hipotesis ditolak); (2) Persepsi kualitas mempunyai pengaruh terhadap ekuitas merek (hipotesis diterima); (3) Asosiasi merek tidak mempunyai pengaruh terhadap ekuitas merek (hipotesis ditolak); (4) Ekuitas merek mempunyai pengaruh terhadap perluasan merek (hipotesis diterima); dan (5) Perluasan merek tidak mempunyai pengaruh terhadap ekuitas merek (hipotesis ditolak). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa (1) Manajemen Kelompok Sinar Mas perlu meningkatkan kesadaran merek dari para konsumennya terhadap produk minyak goreng Filma melalui promosi; (2) Manajemen Kelompok Sinar Mas perlu mempertahankan dan bahkan meningkatkan persepsi kualitas para konsumen minyak goreng merek Filma untuk tujuan memperkuat ekuitas merek dari minyak goreng merek Filma; (3) Manajemen Kelompok Sinar Mas perlu meningkatkan asosiasi merek dari para konsumen minyak goreng merek Filma untuk tujuan memperkuat ekuitas mereknya; (4) Penelitian ini sebaiknya dikembangkan dengan meneliti juga 2 variabel lainnya dari model ekuitas merek Aaker (variabel loyalitas merek dan variabel aset-aset merek lainnya), disebabkan karena penelitian ini hanya mengamati 3 variabel (variabel-variabel kesadaran merek, persepsi kualitas dan asosiasi merek) dari 5 variabel yang membentuk ekuitas merek (sebagaimana dikemukakan dalam teori model ekuitas merek oleh Aaker), dan akhirnya (5) Penelitian lebih lanjut sebaiknya dikembangkan dengan cara menambah jumlah pengambilan sampel penelitian, dan lokasi penelitian dengan tujuan untuk bisa menjeneralisasikan hasil-hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 47/07 San a
Uncontrolled Keywords: kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, ekuitas merek dan perluasan merek.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Bambang Hadi Santoso, 090210489LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, Drs., M. Com., DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 13 Jun 2017 21:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34489
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item