Nicho Darmawan Hasudungan Marbun (2015) Pengaruh Social Benefit Expectation, Restaurant Experience Dan Consumer Self Confidence Terhadap Electronic Word Of Mouth (Ewom) Motivation Pada Konsumen Restoran Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (402kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2023. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2023. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2023. Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2023. Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 23 April 2023. Download (398kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneyelidiki fenomena electronic word of mouth (EWOM) yang berkaitan dengan restoran maupun tempat makan yang belakangan ini marak terjadi ditengah konsumen. Terdapat empat variabel yang dirasa terkait dengan fenomena tersebut yaitu social benefit expectation, restaurant experience, consumer self confidence dan EWOM motivation. Berdasakan keempat variabel tersebut penelitian menekankan pada sisi psikologi dari konsumen, mengapa mereka termotivasi untuk menyebarkan dan membagikan informasi mengenai suatu restoran kepada orang lain melalui social media padahal mereka tidak mendapatkan bayaran atau insentif dari apa yang mereka lakukan. Dengan menggunakan metode structural equation modeling penelitian ini mencoba untuk menjelaskan fenomena tersebut berdasarkan hipotesis-hipotesis yang ada. Penelitian ini diikuti oleh 155 responden yang terdiri dari sebagian mahasiswa Universitas Airlangga dan pengunjung salah satu mall di Surabaya. Hasil analisis menunjukkan bahwa restaurant experience mempengaruhi motivasi konsumen untuk melakukan EWOM. Sedangkan social benefit expectation dan consumer self confidence tidak memiliki pengaruh sama sekali.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 96/15 Mar p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL BENEFIT EXPECTATION; RESTAURANT EXPERIENCE; CONSUMER SELF CONFIDENCE; ELECTRONIC WORLD OF MOUTH MOTIVATION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 23 Apr 2020 09:47 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/3451 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |