ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SEPEDA MOTOR DI KOTAMADYA SURABAYA

Didin Fatihudin (2003) ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SEPEDA MOTOR DI KOTAMADYA SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sangat dibutuhkan seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya di Surabaya Beragam merek sepeda motor yang diproduksi: Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Vespa dsb. Pada awalnya sepeda motor termasuk barang superior, namun sekarang ini nilainya lain hanya sebagai barang inferior saja sehingga sepeda motor merupakan kebutuhan yang mendesak harus dibeli dan dimiliki untuk membantu kelancaran transportasi. Setiap konsumen mempunyai kemampuan yang berbeda dalam pengambilan keputusan pembelian. Semakin terbatas kemampuan dana yang dimiliki konsumen, maka konsumen tersebut akan semakin hati hati dalam menimbang, sebelum memutuskan produk mana yang layak dibeli untuk mencapai kepuasan yang tinggi. Banyak variabel yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam membuat keputusan membeli suatu produk, misalnya atribut produk, harga, cara pembayaran, resale value dan banyak lainnya Begitu pula halnya produk sepeda motor. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti dan menganalisis variabel variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli sepeda motor di Kotamadya Surabaya, studi pada merek Honda,Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan Vespa. Permasalahanya adalah variabel variabel apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen membeh sepeda motor di Surabaya Variabel yang diteliti meliputi ; Pendapatan, Motivasi, Keluarga, Kelompok Referensi, Atribut produk, Harga, Promosi, Pelayanan, Pengalaman dan Lokasi. Kemudian variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya diantara variabel variabel tersebut. Adakah perbedaan keputusan pemilihan merek (brand), keputusan Pegawai dan Non pegawai. Hipotesis (1) diduga variabel di atas dapat mempengaruhi secara bersama sama terhadap keputusan konsumen sepeda motor; (2) diduga atribut produk memiliki pengaruh dominan; (3) terdapat perbedaan keputusan memilih merek (brand); (4) terdapat perbedaan keputusan pegawai dan non pegawai. Model anafsis yang digunakan Multiple Regresi Analisis dan Chi Square (Xl). Untuk menguji hipotesis tersebut dilakukan dengan menggunakan Uji F, Uji t dan Uji Durbin Watson Test. Adapun sampelnya berjumlah 500 responden dengan menggunakan teknik sampling jenis Cluster Random Sampling. Hasil Penelitian dan analisis dengan bantuan program microstat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 1,63 + 0,12X1 1,69E 02X2 0,11X3 + 2,880E 02X4 + 0,16X5 + 0,14X6 + 9,222E 02X7 + 0,12X8 + 0,20X9 + 7,468E 02X10.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: TE 63/00 Fat A (FULLTEXT DAN ABSTRAK TIDAK ADA)
Uncontrolled Keywords: CONSUMER; MOTOR CYCLE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Didin FatihudinUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 03 Oct 2016 05:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item