PENGARUH LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRESTASI KERJA

Purnamie Titisari (2001) PENGARUH LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRESTASI KERJA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa komitmen dan prestasi kerja merupakan permasalahan yang penting dalam pengembangan sumberdaya manusia. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor faktor yang membentuk komitmen karyawan pada organisasi dan pengaruhnya terhadap prestasi kerja. Faktor faktor tersebut meliputi: karakteristik individu (usia, pendidikan dan pengalaman kerja) dan karakteristik pekerjaan (ragam pekerjaan, identitas tugas, arti tugas, otonomi dan umpan balik). Dalam penelitian ini konsep komitmen dijabarkan dalam 3 variabel, yaitu kemauan bekerja keras, kesetiaan dan kebanggaan pada organisasi. Sedangkan konsep prestasi kerja dilihat dari dari 2 variabel yaitu kecakapan dan pengetahuan tentang pekerjaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode propotional random sampling. Adapun jumlah populasi adalah sebanyak 52 manajer menengah di PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Propinsi Dati I Jawa Timur dan sampel yang diambil adalah 60%, yaitu sebanyak 32 orang. Data dianalisis dengan skala Likert dan menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis). Untuk mengetahui signifikansi variabel digunakan uji F dan uji t dengan alpha 5%. Sebagai hasilnya, untuk pengaruh tidak langsung karakteristik individu dan karakteristik pekerjaan terhadap prestasi kerja, dapat diperoleh pemahaman bahwa usia, pengalaman kerja, ragam pekerjaan dan identitas tugas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan bekerja keras. Usia, pendidikan, pengalaman kerja dan ragam pekerjaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan. Pengalaman kerja, ragam pekerjaan, identitas tugas dan otonomi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kebanggaan karyawan. Selanjutnya diketahui bahwa kemauan bekerja keras dan kesetiaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecakapan. Sedangkan kemauan bekerja keras, kesetiaan dan kebanggaan karyawan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan tentang pekerjaan. Sedangkan perubah dalam karakteristik individu dan karakteristik pekerjaan yang berpengaruh langsung terhadap prestasi kerja adalah ragam pekerjaan dan identitas tugas. </description

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: TE 05/01 Tit p (FULLTEXT DAN ABSTRAK TIDAK ADA)
Uncontrolled Keywords: ACHIEVEMENT MOTIVATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Purnamie TitisariUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 27 Sep 2016 03:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/34944
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item