PENINGKATAN DAYA INGAT DENGAN METODE BELAJAR HAFALAN SISTEM ASOSIASI: Penelitian true eksperimen dalam bidang kesehatan mental sekolah di SDN Keputran III Surabaya

Azizah Dirsista Erviyanti, 090114281 (2003) PENINGKATAN DAYA INGAT DENGAN METODE BELAJAR HAFALAN SISTEM ASOSIASI: Penelitian true eksperimen dalam bidang kesehatan mental sekolah di SDN Keputran III Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
jiptunair-gdl-s2-2004-erviyantia-1256-tkm_09-04 ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35290.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan mental sekolah mengusahakan agar anak sekolah dapat berhasil dalam pendidikan, yaitu mencapai prestasi belajar semaksimal mungkin karena tidak ada hambatan emosi, yang pada gilirannya pendidikan justru menunjang meningkatkan kesehatan mental anak. Anak yang sehat mental lebih mantap, lebih mampu menghadapi stress psikologis dan lebih siap menghadapi tuntutan kebudayaan yang dinamis. Pada anak usia sekolah dasar, proses belajar tumbuh subur dan kesempatan ini perlu dimanfaatkan agar pola perilaku proses belajar berjalan seefektif clan seefisien mungkin sehingga perkembangan intelegensi anak optimal. Intelegensi yang berkembang secara optimal dan baik, maka berpengaruh pada kesehatan mental yang baik pula. Salah satu cara pengembangan intelegensi adalah peningkatan daya ingat lewat &quot;Metode Belajar Hafalan Sistem Asosiasi&quot;, yaitu cara belajar menghafal dengan mengasosiasikan materi yang dihafal dan mengimajinasikan secara kreatif. Sistem ini dikembangkan dari metode &quot;Quantum Learning&quot; berdasar teori penyeimbangan otak kiri dan otak kanan. Untuk melihat efektivitas &quot;Metode Belajar Hafalan Sistem Asosiasi&quot; pada anak maka dilakukan suatu penelitian True eksperimen, dengan besar sampel sebanyak 16 anak kelas V di SDN Keputran III Surabaya. Sampel dibagi dalam dua kelompok secara random, 8 anak dalam kelompok eksperimen (kelompok yang diberi perlakuan pengajaran Metode belajar Hafalan Sistem asosiasi) dan 8 anak dalam kelompok kontrol (kelompok yang tidak mendapat perlakuan). Masing-masing kelompok diberi pre test dan post test. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) yaitu pemberian perlakuan &quot;Metode Belajar Hafalan Sistem Asosiasi&quot;, sedangkan variabel terikat (Y) adalah peningkatan daya ingat, yang diukur dengan materi hafalan dan beberapa pertanyaan untuk mengukur &quot;Recall&quot; (kemampuan untuk mengulang kembali) dan &quot;Recognition&quot; (kemampuan mengenali kembali dimana subjek harus dapat mengingat alternatif yang telah dipelajari). Kemampuan &quot;Recall&quot; diukur dengan pertanyaan essai yang terdiri dari 10 goal serial recall, 10 goal angka acak, dan 10 goal free recall. Sedangkan kemampuan &quot;Recognition&quot; diukur dengan pertanyaan pilihan ganda yang terdiri dari 10 goal, jadi seluruhnya sejumlah 40 goal. Selain itu juga diberikan kuesioner pendukung yaitu CCAQ (Children&#039;s Cognitive Assessment Questionnaire) untuk mengukur self enhancing cognition, sejumlah 20 butir. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik. Untuk dua sampel bebas menggunakan Mann Whitney Test dan untuk dua sampel berpasangan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test, sedangkan untuk uji korelasi menggunakan Spearman Test, dengan sarana SPSS versi 11.00 dan taraf signifikansi 0.05 . Hasil analisis post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan sig = 0.001 (sig &lt; 0.05) yang berarti H1 yang berbunyi &quot;Ada perbedaan peningkatan daya ingat anak sekolah dasar antara yang mendapat perlakuan Metode Belajar Hafalan Sistem Asosiasi dengan yang tidak mendapat perlakuan Metode Belajar Hafalan Sistem Asosiasi&quot; diterima. Perbedaan ini juga menunjukkan bahwa skor kelompok eksperimen lebih tinggi, yaitu 260, sedangkan kelompok kontrol 91. Disertai juga adanya peningkatan diri yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa &quot;Metode Belajar Hafalan Sistem Asosiasi&quot; terbukti cukup efektif untuk meningkatkan daya ingat pada anak kelas V di SDN KEPUTRAN III Surabaya. </description

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM.09/04 Erv p
Uncontrolled Keywords: Memory, Learning Method, System Association, Mental Health
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Azizah Dirsista Erviyanti, 090114281UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Moeljono Notosoedirdjo, Prof. DR. H. dr., Sp.s., Sp.KJ., MPHUNSPECIFIED
Thesis advisorSusanti Yuniar, dr., Sp.KJUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Andalika ilmianti
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 21:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item