Siti Nurul Qomarijah, 090110300 (2003) PERENCANAAN STRATEGIK PUSKESMAS DENGAN PENDEKATAN RERANGKA BALANCED SCORECARD DI KOTA PROBOLINGGO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
jiptunair-gdl-s2-2005-sitinurulq-1314-tka_04-04 ABSTRAK.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (Halaman Depan)
35317_Part1.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text (Fulltext1)
35317_Part2a_Part1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Fulltext2)
35317_Part2a_Part2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Fulltext3)
35317_Part2a_Part3.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (Lampiran)
35317_Part3.pdf Download (800kB) | Preview |
Abstract
Puskesmas sebagai suatu unit pelayanan kesehatan yang merupakan ujung tombak dalam bidang pelayanan kesehatan dasar diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan pasar atau masyarakat. Sehingga pengelolaan puskesmas selalu dilakukan peningkatan kualitas yang berkelanjutan dan diperlukan strategi. Tercapainya puskesmas dengan kinerja organisasi yang efektif dan efisien. Salah satu alat untuk mengukur kinerja organisasi secara komprehensif, Balanced Scorecard, yang meliputi pengukuran kinerja berdasarkan empat perspektif yakni 1). komponen perspektif pembelajaran dan pertumbuhan; 2). komponen perspektif proses bisnis internal; 3). Komponen perspektif customer; 4). komponen perspektif keuangan. Tujuan penelitian ini adalah Menyusun rencana strategik puskesmas dalam upaya peningkatan cakupan pelayanan kesehatan dengan menggunakan rerangka balanced scorecard. Dengan cara mempelajari tingkat kepuasan berdasarkan harapan dan penilaian pasien (external customer), tingkat kepuasan berdasarkan harapan dan penilaian petugas puskesmas (internal customer), proses pelayanan puskesmas, kapabilitas petugas dan kinerja keuangan puskesmas yang selanjutnya akan dijadikan bahan untuk menyusun rencana strategik puskesmas dalam upaya peningkatan cakupan pelayanan kesehatan di puskesmas kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (Kaplan & Norton, 1996). Penelitian ini merupakan penelitian observational analytic dan bersifat crossectional, yang dilakukan dua tahap. Tahap pertama mengukur tingkat kepuasan pasien berdasarkan harapan dan penilaiannya terhadap pelayanan kesehatan, tingkat kepuasan petugas berdasarkan harapan dan penilaiannya terhadap kompensasi, proses pelayanan kesehatan, kapabilitas petugas dan kinerja keuangan puskesmas. Tahap kedua dengan Focus Group Discussion (FGD) dilakukan penyusunan rencana strategik puskesmas dalam upaya peningkatan cakupan pelayanan kesehatan di puskesmas kota Probolinggo. Penelitian dilakukan selama 6 (enam) bulan mulai Februari 2003 sampai dengan Juli 2003. Hasil penelitian didapatkan bahwa: a. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan; pasien menyatakan puas terhadap pelayanan medis dan keperawatan, puas terhadap pelayanan loket, cukup puas terhadap pelayanan obat dan cukup puas terhadap fasilitas medis dan non medis. b. Tingkat kepuasan petugas puskesmas terhadap kompensasi; petugas menyatakan cukup puas terhadap kompensasi finansial dan cukup puas terhadap kompensasi non finansial c. Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan, kurang pada aspek pendidikan dan cukup baik pada aspek pelatihan d. Perspektif Proses Pelayanan, kurang dalam perencanaan, cukup baik dalam pelaksanaan dan cukup baik dalam evaluasi. e. Perspektif keuangan, cukup baik dalam pendapatan keuangan puskesmas Dari hasil pengukuran kinerja puskesmas tersebut ditindak lanjuti dengan penyusunan rencana strategik puskesmas dalam upaya peningkatan cakupan pelayanan kesehatan di puskesmas Kota Probolinggo. Secara garis besarnya rencana strategik puskesmas adalah sebagai berikut: 1. Perbaikan perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan a. Pemberian kesempatan untuk mengikuti pendidikan b. Pemberian kesempatan untuk mengikuti pelatihan atau seminar 2. Perbaikan perspektif Bisnis Internal (Proses Pelayanan) a. Perbaikan Perencanaan b. Perbaikan Pelaksanaan pelayanan c. Perbaikan pelaksanaan Evaluasi 3. Perbaikan perspektif Customer a. Perbaikan tingkat kepuasan pasien b. Perbaikan tingkat kepuasan petugas 4. Perbaikan perspektif Keuangan Peningkatan jumlah kunjungan pasien.</description
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 04/04 Qom p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Balanced Scorecard; Strategic Plan; Customer satisfaction; Municipal's health centre | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT390-395 Regional planning R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine |
|||||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Andalika ilmianti | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2017 21:56 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35317 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |