ANALISIS PENGARUH INPUT PELATIHAN TERHADAP PEMBELAJARAN DAN GENERALISASI (Studi Kasus Pelatihan Manajemen Keuangan Pada Pengusaha Kecil Mitra binaan PT. (Persero) Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarbaru Kalimantan Selatan)

NIRA HARIYATIE, 09114364M (2004) ANALISIS PENGARUH INPUT PELATIHAN TERHADAP PEMBELAJARAN DAN GENERALISASI (Studi Kasus Pelatihan Manajemen Keuangan Pada Pengusaha Kecil Mitra binaan PT. (Persero) Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarbaru Kalimantan Selatan). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
jiptunair-gdl-s2-2005-nirahariya-1810-te_25-05 abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35518.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini telah menunjukkan arti penting hubungan antara input, output, dan transfer pelatihan dari suatu pelatihan. Input pelatihan dimaksud adalah karakteristik peserta, desain pelatihan, dan lingkungan kerja. Sedangkan output pelatihan adalah pembelajaran atau learning dan transfer pelatihan adalah penerapan materi pelatihan atau generalisasi. Dalam penelitian ini juga mengidentifikasi jalur-jalur signifikan dari input pelatihan terhadap pembelajaran dan generalisasi. Analisis jalur pertama adalah antara karakteristik peserta, desain pelatihan, dan lingkungan kerja dengan pembelajaran dan kemudian menganalisis jalur karakteristik peserta, lingkungan kerja dan pembelajaran itu sendiri terhadap generalisasi. Alat yang digunakan untuk menganalisis jalur adalah path analysis dengan menggunakan software SPSS 10.0. Sampel yang diambil dari pengusaha kecil peserta pelatihan manajemen keuangan, mitra binaan PT. (Persero) Angkasa Pura I Cabang Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru sebanyak 32 peserta, dengan menggunakan metode stratified random sample. Setelah dilakukan pengujian, keseluruhan kuisioner valid dan realiabel. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis jalur (path analysis) dengan level of significant sebesar 0,05 (5%). Hasil penelitian menyatakan bahwa, pengaruh input pelatihan terhadap pembelajaran yaitu masing-masing: variabel karakteristik peserta hipotesa diterima, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel pembelajaran (0,000 & 0,05); variabel desain pelatihan hipotesa diterima, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel pembelajaran (0,034 & 0,05); dan variabel lingkungan kerja hipotesa juga diterima, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel pembelajaran sama seperti variabel karakteristik peserta (0,000 & 0,05). Pengujian selanjutnya, hubungan signifikansi antara variabel karakteristik peserta, lingkungan kerja dan pembelajaran terhadap variabel generalisasi. Hasil pengujian itu masing-masing adalah: variabel karakteristik peserta hipotesa diterima, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel generalisasi (0,001 & 0,05); variabel lingkungan kerja hipotesa diterima, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel generalisasi (0,000 & 0,05); dan variabel pembelajaran hipotesa diterima, karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel generalisasi (0,000 & 0,05). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa variabel karakteristik peserta, desain pelatihan dan lingkungan kerja dapat digunakan untuk mengukur pembelajaran pada pelatihan manajemen keuangan, yang diselenggarakan oleh PT. (Persero) Angkasa Pura I Cabang Bandara Syarnsudin Noor Banjarbaru, karena masing-masing variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran. Berikutnya, variabel karakteristik peserta, lingkungan kerja dan variabel pembelajaran dapat digunakan untuk mengukur variabel generalisasi, pada pelatihan manajemen keuangan, yang diselenggarakan oleh PT. (Persero) Angkasa Pura I Cabang Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, karena masing-masing variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel generalisasi. Saran yang dapat diberikan adalah pengusaha kecil hendaknya diwajibkan untuk menyampaikan hasil kegiatan usaha melalui ikhtisar keuangan, yang disampaikan secara formal dan tertulis, dalam bentuk: laporan keuangan usaha (minimal 1 tahun sekali) kepada mitra pembinanya. Sehingga dengan adanya kewajiban ini, akan menjadi factor pendorong bagi pengusaha kecil untuk dapat membuat dan melaporkan hasil kegiatan keuangan mereka. Dan setelah selesai mendapatkan pelatihan, hendaknya dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan pasca pelatihan bagi pengusaha kecil, sehingga mereka mendapatkan bimbingan dan bisa berkonsultasi langsung di lapangan apabila mendapatkan kesulitan pada saat menerapkan hasil pelatihan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE 25/05 Har a
Uncontrolled Keywords: Training input; trainee characteristics, training design, and work environment; learning and generalization
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NIRA HARIYATIE, 09114364MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko MursintoUNSPECIFIED
Thesis advisorSri GunawanUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Andalika ilmianti
Date Deposited: 25 Oct 2016 15:28
Last Modified: 15 Jun 2017 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item