HUBUNGAN KONSUMSI SIKLAMAT DALAM MAKANAN JAJANAN DENGAN KELAINAN FAAL HATI SISWA SDN BUNULREJO KECAMATAN BLIMBING KODYA MALANG: PENELITIAN OBSERVASIONAL

Nurmala Hindun, 099712497M (2000) HUBUNGAN KONSUMSI SIKLAMAT DALAM MAKANAN JAJANAN DENGAN KELAINAN FAAL HATI SISWA SDN BUNULREJO KECAMATAN BLIMBING KODYA MALANG: PENELITIAN OBSERVASIONAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-hindunnurm-493-kkakkt-k.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-hindunnurm-493-tkd_28_0-h.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan komsumsi siklamat pada makanan jajanan terhadap kelainan faal hati pada siswa SDN Bunulrejo Malang Kecamatan Blimbing Kodya Malang, kelainan faal hati yang diukur adalah kadar SGOT dan SGPT. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bunulrejo Malang, tahun pelajaran 1999/2000, syarat sebagai sampel tidak pernah pindah sekolah, tidak pernah/sedang sakit hepatitis atau jantung dan tidak mempunyai kebiasaan minum alkohol/merokok. Berdasarkan sifat data yang dikumpulkan maka penelitian ini termasuk penelitian observasi, yaitu untuk mengetahui hubungan variabel babas (konsumsi siklamat) dengan variabel terikat (SGOT dan SGPT). Konsumsi kumulatif total siklamat, berdasarkan pada frekuensi konsumsi, lama konsumsi dan pemaparan siklamat perhari. Untuk melihat ada/tidak dan kuat/ lemahnya hubungan antara konsumsi siklamat terhadap SGOT / SGPT digunakan uji korelasi product moment dari Spearmant, sedangkan untuk mengetahui hubungan tersebut linier atau non linier digunakan uji analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara konsumsi siklamat dengan kelainan faal hati siswa SDN Bunulrejo Malang, walaupun hubungan tersebut lemah (ryxl,-0,2872 dan ryx2=0,2569) dan arah regresinya linier. Jika dilakukan uji beda (t-test) antara pengkonsumsi siklamat dengan (tidak pengkonsumsi siklamat) diperoleh tidak ada perbedaan yang signifikan antara SGOT dan SGPT pengkonsumsi siklamat dengan tidak mengkonsumsi siklamat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKD 28/05 Hin h
Uncontrolled Keywords: Cyclamate, SGOT, SGPT
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ370-550 Diseases of children and adolescents
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Nurmala Hindun, 099712497MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI. G. B. Amitaba, prof.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 08 Aug 2016 03:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item