KUNIN NASIHAH, 090310549 L
(2005)
ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA DOKTER GIGI DALAM PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KABUPATEN JEMBER.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Peningkatan derajat kesehatan memerlukan upaya penyelenggaraan yang memadai dari berbagai organisasi pelayanan kesehatan. Puskesmas adalah organisasi pelayanan kesehatan yang menjadi ujung tombak dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dalam Kepmenkes No.128/MENKES SK 11/2004 tentang kebijakan dasar Puskesmas disebutkan bahwa Puskesmas bertugas memberikan pelayanan kesehatan dasar yang komprehensif untuk mengatasi dan mencegah masalah kesehatan. Salah satu pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas adalah pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang termuat dalam program Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut berupa pelayanan profesional yang diberikan kepada masyarakat, keluarga, individu, baik yang sehat maupun yang sakit melalui pelayanan yang bersifat preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif. Berbagai masalah tentang kesehatan gigi dan mulut antara lain adalah yang berkaitan dengan kinerja dokter gigi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kinerja merupakan hasil karya personel baik kuantitas maupun kualitas dalam sebuah organisasi. Dalam konsep mutu pelayanan kesehatan juga disebutkan bahwa kinerja adalah merupakan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sistem yaitu input, proses, dan output. Sebagai latar belakang penelitian adalah aspek output yaitu rendahnya cakupan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Kabupaten Jember tahun 2002-2004. Dari latar belakang tersebut kemudian dilakukan penelitian untuk mengetahui berbagai variabel dalam input yang diduga berpengaruh terhadap variabel proses dan output. Metode penelitian adalah Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian adalah total populasi yaitu 35 dokter gigi yang ada pada 35 dari 49 Puskesmas di Kabupaten Jember. Dengan berdasar pada konsep serta teori kinerja penelitian dibatasi serta bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu (umur, status kepegawaian, masa kerja, motivasi), karakteristik organisasi (fasilitas kerja, tipe kepemimpinan, sistem reward), dan karakteristik kerja (umpan balik, jadwal kerja) terhadap kinerja dokter gigi. Lokasi penelitian adalah Puskesmas yang mempunyai dokter gigi fungsional sebagai penanggung jawab dan pelaksana program Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Kabupaten Jember. Teknik yang digunakan sebagai analisis adalah multivariate anova (manova) dengan a=0,05 karena variabel terikat mengandung dua kriteria kinerja dengan skala pengukuran kuantitatif ya]tu kinerja dokter gigi dalam 5 bidang pelayanan medik dasar gigi dan kinerja dokter g]gi dalam 5 dimensi mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu yang berpengaruh terhadap kinerja adalah status kepegawaian dan motivasi, karakteristik organisasi yang berpengaruh terhadap kinerja adalah tipe kepemimpinan dan sistem reward, dan karakteristik kerja yang berpengaruh terhadap kinerja adalah umpan balik dan jadwal kerja. Dari hasil penelitian kemudian dilakukan verifikasi melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan berbagai pihak yang terkait sebagai pengambil kebijakan dan pelaksana program Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Kabupaten Jember. Hasil FGD yang kemudian digunakan sebagai rekomendasi upaya peningkatan kinerja dokter gigi di Puskesmas Kabupaten Jember adalah 1.Meningkatkan profesionalisme dokter gigi dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut. 2.Menambah jumlah dokter gigi PNS untuk keberlangsungan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Kabupaten Jember. 3.Melakukan pembinaan secara berkala untuk meningkatkan motivasi kerja dokter gigi Puskesmas. 4.Melengkapi fasilitas kerja dokter gigi. 5.Meningkatkan partisipasi kepala Puskesmas terhadap program Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut. 6.Menambah anggaran program Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut. 7.Meningkatkan kuantitas dan kualitas umpan balik program Upava Kesehatan Gigi dan Mulut. 8.Menertibkan jadwal kerja dokter gigi.
Actions (login required)
|
View Item |