ALTERNATIF MODEL ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN LANJUT USIA (Studi Kasus di Polikiinik Geriatri RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

I MADE SUTARNA, 09991367 (2001) ALTERNATIF MODEL ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN LANJUT USIA (Studi Kasus di Polikiinik Geriatri RSUD Dr. Soetomo Surabaya). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-sutarnaima-619-tpk_01-01 ABSTRAK.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fulltext)
35703.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lanjut usia adalah suatu proses alami yang tidak dapat dihindarkan. Prosentase lanjut usia di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat Usia lanjut merupakan kelompok dengan kondisi resiko tinggi, perlu mendapatkan perhatian khusus. Pada kehidupan keluarga lanjut usia merupakan figur tersendiri dalam kaitannya dengan social budaya bangsa, namun dalam fenomena dimasvarakat terjadi kecenderungan menganggap negatif terhadap lansia terkait dengan produktifitasnya. Terjadi banyak perubahan pada lanjut usia, tapi banyak keluarga yang tidak memahami perubahan tersebut dan menimbullcan masalah sebagai dampaknya. Sehingga lanjut usia sering mendapat perawatan yang kurang memuaskan dalam keluarga. Ada empat model keperawatan yang diajukan sebagai acuan dalam perawatan komunitas yaitu : (1) Model Sistem, (2) Model Adaptasi, (3) Model Health Care Sistem dan (4) Model Perawatan Mandiri. Model tersebut belum diuji efektifitasnya dan belum dapat diaplikasikan dengan baik sesuai kebutuhan lanjut usia dan sesuai pengetahuan keluarga lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kebutuhan lanjut usia dan mempelajari bagaimana pengetahuan dan sikap keluarga untuk memenuhi kebutuhan tersebut Jenis penelitian ini adalah "Action Research" dengan pendekatan "Diskriptif Kualitatif' dan pengambilan data dilakukan secara "Cross Sectional" melalui Focus Group Diskusi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian dimaksudkan dapat dipakai umuk menyusun alternatif model perawatan lanjut usia dalam keluarga. Populasi dalam penelitian im adalah lanjut usia dan keluarga lanjut usia yang berobat di Poliklinik Geriatri RSLD Dr. Soetomo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan utama dan lanjut usia adalah kesehatan, ketenangan hidup di rumahnya sendiri, perlakuan yang wajar, lembut dan tidak mendapat kata-kata kasar. Keluarga lanjut usia mempunyai sikap positif, empati dan punya rasa tanegung jawab terhadap perawatan lanjut usia, tetapi tidak mcmpunyai pengetahuan yang cu-up tentang perubahan yang terjadi pada lanjut usia, kebutuhan lanjut usia dan cara memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini dsebabkan karena lanjut usia maupun keluurga lanjut usia tidak mendapatkan infonnasi yang benar dan lengkap dari tenaga profesional. Model keperawatan yang dipandang paling sesuai dengan kebutuhan lanjut usia adalah model "perawatan mandiri' dan diusulkan dua model yang dipandang sangat sesuai adalah "Model Perawatan Integrasi' (Integrated Care) dan Model keperawatan dengan melakukan bantuan pendidikan perawatan kepada keluarga lanjut usia. Disarankan kepada institusi pendidikan perawatan dan para peneliti dalam bidang perawatan untuk meneliti efek-tifitas dari model tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TPK 01/01 Sut a
Uncontrolled Keywords: ALTERNATIF MODEL ASUHAN KEPERAWATAN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
I MADE SUTARNA, 09991367UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Pariani, dr, MS. M.Sc. Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorSaenun, Dr. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Jun 2017 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35703
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item