Suyatmi Martodiryo, 090310520 L (2005) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PROMOSI (Studi Kasus di Ruang Rawat Inap Kolas 1 & VIP RSUD PROF. Dr. Soekandar Mojokerto). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-martodiryo-1751-tka460-6.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text (Fulltext)
35977.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan atas rendahnya rata-rata BOR ruang rawat inap kelas satu dan VIP di RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojokerto di banding dengan ruang rawat inap kelas lainnya. Berdasarkan hasil pengamatan, faktor penyebab utama rendahnya BOR tersebut karena kedua kelas ruang rawat inap itu masih belum banyak dikenal masyarakat yang menjadi segmentasinya karena ruang rawat inap tersebut masih baru. Atas dasar masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi strategi promosi untuk meningkatkan human ruang rawat inap RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojokerto kelas satu dan VIP berdasarkan analisis strategi promosi yang telah dilakukan rumah sakit, karakteristik demografi, psikografi, dan keputusan pembelian konsumen aktual maupun potensial. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancang bangun penelitian cross ectional study. Lokasi penelitian di RSUD Prof Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto, khususnya ruang rawat inak kelas satu dan VIP. Penelitian dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2005. Sampel penelitian dibagi dua, yakni konsumen aktual sebanyak 80 orang dan konsumen potensial sebanyak 60 orang. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dan untuk penyusunan rekomendasi strategi promosi dilakukan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum karakteristlk psikografi konsumen baik usianya 40-60 tahun, jenis kelamin laki-laki, jumlah keluarga antara 4�5 orang, lulusan SMA, pekerjaan di sektor swasta, rata-rata penghasilan tiap bulan Rp. 1.000.000,- ski. Rp. 2.000.000,-. Karakteristik psikografi aktivitasnya sebelum berangkat kerja kebanyakan olah raga, sepulang kerja istirahat/tidur siang dan menjelang istirahat malam mereka nonton TV. Interest konsumen dalam menentukan pil ban rawat inap di rumah sakit adalah mutu pelayanan dokter dan perawat. Apabila dianjurkan dokter rawat inap kebanyakan menurutinya. Opininya tentang layanan rawat inap untuk konsumen aktual karena pelayanan memuaskan, baik perawat maupun doktemya. Untuk konsumen potensial kebanyakan tidak memiliki opini karena ketidaktahuannya tentang pelayanan yang ada. Kebanyakan dia memang membutuhkan pelayanan di kelas satu dan VIP, mereka butuh informasi pelayanan yang ada, sumber infonnasi yang digunakan adalah sumber pribadi, yakni keluarga
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer Behavior, promotion strategy, mixed promotion | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics |
|||||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | |||||||||
Date Deposited: | 2016 | |||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2017 23:07 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35977 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |