Nindria Untarini, 090114378 M (2005) PENGARUH ASOSIASI MEREK CELANA JEANS LEE COOPER BERDASARKAN FUNGSI MEREK TERHADAP RESPON KONSUMEN DI SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-untarinini-1761-te3606.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text (Fulltext)
35987.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian tentang menguji analisa hubungan citra merek dan respon konsumen telah banyak dilakukan oleh peneliti sebelumnya, tanpa mempertimbangkan dimensi-dimensi asosiasi merek yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek berdasarkan dimensi¬-dimensi fungsi merek terhadap respon konsumen. Dimana dimensi-dimensi fungsi merek terdiri dari jaminan, identifikasi personal, identifikasi sosial, dan status. Sedangkan respon konsumen dalam penelitian ini berbentuk kesediaan membayar merek dengan harga premium, kesediaan merekomendasikan merek pada orang lain, dan kesediaan menerima perluasan merek untuk kategori produk lain. Penelitian ini dilakukan pada para pengguna celana jeans Lee Cooper di Surabaya, yang telah membeli celana jeans tersebut maksimum dalam enam bulan terakhir di Lee Cooper original store Surabaya. Tehnik pengambilan sampel non probabilistik dengan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Canonical Correlation Analysis yang merupakan bagian dari Multivariate Analysis. Data primer diolah dengan bantuan program Statistik Versi 6 dengan jumlah sampel 385. Hasil analisis diketahui: uji canonical loading masing-masing variabel dalam kedua set variabel (variabel bebas dan variabel terikat) adalah positif dan cukup kuat yaitu diatas 0,5. Berarti adanya hubungan yang erat antara variabel bebas dengan variabel terikat. Sedangkan, dari uji canonical weight masing¬masing variabel dalam kedua set variabel diketahui bahwa variabel bebas yang memberikan pengaruh terbesar untuk fungsi kanonik pertama adalah variabel jaminan (0,522061) dan variabel terikat yang memberikan pengaruh terbesar untuk fungsi kanonik pertama adalah variabel kesediaan membayar merek dengan harga premium (0,841917). Dui uji hipotesis, diketahui bahwa baik secara parsial maupun secara simultan terdapat pengaruh antara asosiasi merek celana jeans Lee Cooper berdasarkan fungsi merek dengan respon konsumen di Surabaya. Penelitian mendatang diharapkan dapat dilakukan dengan kategori produk yang berbeda (bukan produk celana jeans), penentuan sampel yang lebih beragam dan lebih banyak, serta pemilihan merek-merek celana jeans lainnya (bukan celana jeans merek Lee Cooper) agar dapat mewakili seluruh konsumen celana jeans yang ada di Surabaya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TE.36/06 Unt p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Brand equity, Brand Associations, Consumer attitudes. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies |
||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 09 Jul 2017 23:19 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/35987 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |