SRI ROCHANI IMANIJAH, 090310682L (2006) ANALISIS PASAR SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN PROMOTION MIX URJ MENOPAUSE RSU Dr. SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-imanijahsr-3681-tka430-k.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-imanijahsr-3681-tka4307.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Meningkatnya usia harapan hidup wanita bukan tanpa risiko, sejak dimulainya periode menopause bahkan kadang sejak perimenopause dapat terjadi masalah klinis yang akan mengganggu kualitas hidup wanita. Semakin meningkat usia wanita tersebut akan semakin meningkat pula keluhan ataupun kelainan-kelainannya. Agar supaya kehidupan wanita pada periode menopause dapat berlangsung dalam kepuasan, kebahagiaan dan keseiahteraan, maka Rumah Sakit Umum (RSU) Dr. Soetomo perlu mempersiapkan diri untuk menghadapinya, persiapan itu meliputi berbagai disiplin ilmu yang meliputi aspek pelayanan, penelitian dan pendidikan yang berkesinambungan. Namun, pada kenyataannya jumlah pasien di Unit Rawat Jalan (URJ) Menopause RSU Dr. Soetomo rata-rata dalam satu hari sebesar 0,767 pasien, ini merupakan hasil yang belum efisien, padahal peningkatan kunjungan di URJ Menopause diperlukan untuk meningkatkan pendapatan RSU Dr. Soetomo Surabaya. Memenuhi tuntutan di atas maka diperlukan upaya dan langkah strategis, untuk meningkatkan pendapatan Rumah Sakit dengan cara meningkatkan kunjungan URJ Menopause RSU Dr. Soetomo melalui suatu kebijakan pemasaran. Riset pemasaran ini ditujukan untuk mencari informasi faktor konsumen yang meliputi karakteristik demografi (pendidikan), karakteristik geografi, karakteristik sosio¬ekonomi (pekerjaan, pendapatan), karakteristik psikografi (preference, persepsi menopause dan pengetahuan), kebutuhan, dan faktor lingkungan (budaya populer, keluarga, kelompok acuan), dengan menilai Promotion mix yang telah dilakukan RSU Dr. Soetomo adalah: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, pemasaran langsung, dan faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun promotion mix, yaitu: tahapan proses keputusan pembelian konsumen potensial, yang terdiri dari: pengenalan masalah atau kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan promotion mix yang sesuai dengan tujuan promotion mix yang terdiri dari: memperoleh perhatian, mendidik, mengingat, meyakinkan. Penelitian ini adalah riset observasi secara cross sectional, dimana pengambilan data dilakukan dengan cara survey. Hasil riset dipakai untuk menyusun promotion mix URJ Menopause RSU Dr.Soetomo sesuai dengan tahapan proses keputusan pembelian konsumen potensial, promotion mix yang sudah dilakukan RSU Dr. Soetomo, dan memperhatikan promotion mix hasil proses focus group discussion (FGD) , maka disusun rekomendasi untuk meningkatkan kunjungan URJ Menopause. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi promotion mix dengan menentukan tujuan, mengidentifikasi pasar, menyusun isi, bentuk, frekuensi promotion mix. Dari hasil tahapan proses pembelian konsumen potensial terdapat bermacam-macam tahap yaitu: Tahap I, konsumen potensial tidak tahu bahwa "dia" Menopause sebesar 0% Tahap II, konsumen potensial tahu bahwa "dia" Menopause sebesar 100%, Tahap II.A, konsumen potensial tahu dia menopause tidak membutuhkan pelayanan dan tidak membutuhkan informasi sebesar 3,1% Tahap II.A.2, konsumen potensial tahu dia menopause tidak membutuhkan pelayanan dan butuh informasi sebesar 3,2%, Tahap II.B konsumen potensial tahu dia menopause, membutuhkan pelayanan menopause sebesar 96,8%, Tahap II.B.1, konsumen potensial membutuhkan pelayanan menopause, belum menggunakan URJ Menopause sebesar 91,2%, Tahap II.B.1.(i), konsumen potensial belum menggunakan tidak tahu ada URJ Menopause sebesar 81,9%, Tahap II.B.(ii), konsumen potensial belum menggunakan tahu ada URJ Menopause sebesar 18,1% Tahap 11.B.1.(ii).(a), konsumen potensial belum menggunakan tahu ada URJ Menopause tidak tahu jenis pelayanan yang ada sebesar 80% Tahap II.B.I.(ii).(b), konsumen potensial belum menggunakan tahu ada URJ Menopause tahu jenis pelayanan yang ada sebesar 20%, Tahap II.B.2 konsumen potensial membutuhkan pelayanan menopause sudah menggunakan URJ Menopause sebesar 8,8% Tahap 1I.B.2.(i), konsumen potensial sudah menggunakan sebagian pelayanan di URJ Menopause sebesar 100% Tahap II.B.2 .(ii), konsumen potensial sudah menggunakan seluruh pelayanan di URJ Menopause sebesar 0% Dari hasil tahapan proses keputusan pembelian, yang di implementasikan dilapangan adalah pada tahapan: A. Tahap II.A.2, konsumen potensial yang berpendidikan SD,S1, tinggal di Surabaya dan sekitarnya (11-20 km), tidak bekerja dan Pegawai Negeri Sipil. Mempunyai pendapatan Rp.750.000; keatas, mempersepsikan menopause bukan penyakit, preference promotion mix, di TV, Surat kabar, majalah wanita, penyuluhan, dipengaruhi budaya populer tidak dipengaruhi keluarga, kelompok acuan dalam keputusan pembelian. Tujuan promotion mix pada tahap ini: memperoleh perhatian dan mendidik Isi promotion mix: 1.Apa yang dimaksud menopause 2.Keluhan yang dijumpai pada menopause 3.Jenis pelayanan yang tersedia pada URJ Menopause RSU Dr Soetomo 4.Tarip pelayanan di URJ Menopause 5.Nama dokter spesialis yang melayani URJ Menopause 6.Jam buka dan hari buka 7.Alamat, nomor tilpun URJ Menopause Karena hasil yang didapat sebagian besar berpendidikan SD, maka pemakaian bahasa sebagai komunikasi untuk memperoleh perhatian dan mendidik digunakan bahasa yang mudah dimengerti. Bentuk dari promotion mix: 1.Talk Show menopause di TVRI Surabaya 2.Artikel menopause di surat kabar 3.Artikel menopause di majalah wanita 4.Penyuluhan di Instalasi Rawat Jalan RSU Dr. Soetomo B. Tahapan II.B.1.(i), konsumen potensial membutuhkan pelayanan menopause, belum menggunakan URJ Menopause, berpendidikan SMA, masyarakat Surabaya. Tidak bekerja, pendapatan keluarga lebih besar dari Rp. 1.500.000,-, mempersepsikan menopause bukan penyakit, preference promotion mix di TV, Konsultasi, surat kabar, penyuluhan, seminar, majalah wanita, leaflet, dipengaruhi budaya populer, tidak dipengaruhi keluarga dan kelompok acuan dalam keputusan pembelian. Tujuan promotion mix pada tahap ini: memperoleh perhatian dan mendidik Isi promotion mix 1.Apa yang dimaksud menopause 2.Keluhan yang dijumpai pada menopause 3.Jenis pelayanan yang tersedia pada URJ Menopause RSU Dr Soetomo 4.Tarip pelayanan di URJ Menopause 5.Nama dokter spesialis yang melayani URJ Menopause 6.Jam bukadan hari buka 7.Alamat, nomor tilpun URJ Menopause Pada isi promotion mix pendidikan mempunyai pengaruh dalam penyampaian isi pesan. Bentuk dari promotion mix: 1.Talk Show di TVRI Surabaya 2.a.Konsultasi gratis pada waktu penyuluhan dilakukan di IRJ b.Konsultasi gratis pada waktu seminar c.Konsultasi pada penyuluhan ibu PKK 3.Artikel Menopause di Surat Kabar lokal 4.Seminar, dengan membagikan leaflet, konsultasi gratis pada waktu seminar, 5.Penyuluhan diadakan di IRJ, dan penyuluhan Ibu-ibu PKK 6.Leaflet disediakan di Instalasi Rawat Jalan dan di URJ Menopause dibagikan pada waktu seminar, dibagikan pada waktu penyuluhan 7.Artikel menopause di majalah wanita Masing-masing tahap proses keputusan pembelian dapat mempunyai bentuk promotion mix yang sama, tetapi tujuan dan isi berbeda. Frekuensi promotion mix disesuaikan dengan dana yang ada. Promotion mix di RSU Dr. Soetomo tergantung dengan dana yang tersedia Kesimpulan diperoleh bahwa rekomendasi pengembangan promotion mix URJ Menopause RSU Dr. Soetomo disusun berdacarkan tahapan proses keputusan pembelian konsumen potensial, kesesuaian promotion mix dengan tujuan promotion mix dengan identifikasi karakteristik konsumen potensial dari aspek demografi (pendidikan), geografi (tempat tinggal), sosioekonomi (pekerjaan, pendapatan), psikografi (preference, persepsi menopause, pengetahuan), kebutuhan, pengaruh lingkungan (budaya populer, keluarga, kelompok acuan), dengan mengkaji promotion mix yang sudah dilakukan rumah sakit, memperhatikan promotion mix hasil FGD
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 43/07 Ima a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Menopause Clinic, promotion mix, buying decision process | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis |
||||||
Divisions: | 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan |
||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 2016 | ||||||
Last Modified: | 12 Jun 2017 22:19 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36291 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |